Hati-hati! Penipuan Berkedok ‘Debt Collector’ Mulai Bermunculan, Warga Jaksel Jadi Korban

- 29 September 2020, 12:08 WIB
Ilustrasi pelaku penipuan.
Ilustrasi pelaku penipuan. /Dok PRFM.

JAKSELNEWS.COM - Seorang warga Gandaria Utara bernama Salman Al Farisi (35) melaporkan diri ke Mako Polres Metro Jakarta Selatan pada Kamis 24 September 2020 kemarin. Ia melapor bahwa dirinya menjadi korban penipuan dengan modus debt collector, penipuan tersebut dilakukan oleh sekelompok orang yang mengaku diri mereka sebagai jasa penagih hutang.

Kejadian ini dialami Salman di Jalan Pakubuwono, Kelurahan Kebayoran Baru pada 23 September 2020 pukul 16.25 WIB lalu.

Dilansir oleh Jakselnews dikutip dari Antara News, Salman menceritakan kronologi penipuan tersebut, awalnya ada lima orang pria dengan tiga sepeda motor yang mendatanginya dan menyebut diri mereka sebagai debt collector. Lalu kelima pria tersebut meminta Salman untuk berhenti di pinggir jalan.

Kemudian salah satu orang tersebut menunjukan surat perjanjian kontrak motor dengan salah satu perusahaan pembiayaan tempat Salman mengambil motornya melalui ponsel pelaku. Setelah itu salah satu pelaku meminta Salman untuk menunjukan STNK dan memberikan kunci motornya.

“Setelah mencatat STNK saya diajak ngobrol sama teman yang lain, orang yang mencatat bilang ke saya mau beli materai, lalu saya disuruh ikut naik motor yang satunya,” ungkap Salman.

Di tengah perjalanan Salman diturunkan oleh salah satu pelaku tersebut dan kemudian kelima pelaku membawa pergi motor Salman. 

Ia mengaku sempat mendatangi kantor pembiayaan tersebut untuk melaporkan apa yang terjadi, namun kantor tersebut mengatakan bahwa pihak mereka tidak memberikan kuasa kepada jasa penagihan hutang untuk menarik sepeda motornya yang memang memiliki tunggakan.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Budi Sartono, mengatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti kasus ini dan mencari sepeda motor dengan nomor polisi B 4822 SKS tersebut.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x