Taman Tebet Akan Direvitalisasi Menjadi Tebet Eco Garden, Intip Fakta Menariknya

- 22 Oktober 2020, 11:18 WIB
Rancangan Tebet Eco Garden
Rancangan Tebet Eco Garden /Instagram @dkijakarta

JAKSELNEWS.COM - Taman Tebet yang terletak di Kota Jakarta Selatan direncanakan akan diubah menjadi Tebet Eco Garden. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi taman secara ekologi. 

Dengan mengubah Taman Tebet menjadi Tebet Eco Garden tentunya menjadi salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta dalam meningkatkan kualitas fasilitas umum. Dikutip dari laman Instagram milik Kota DKI Jakarta @dkijakarta berikut enam fakta menarik tentang revitalisasi Tebet Eco Garden.

Yang pertama, Pemprov DKI Jakarta berencana untuk membuat Infinity Connecting Bridge di Tebet Eco Garden. Hal ini bertujuan untuk menghubungkan Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan yang selama ini terpisah oleh Jalan Raya Tebet.

Selain untuk menghubungkan, jembatan ini juga akan memanjakan para pengunjung taman dengan kemudahan akses ke Taman Tebet Selatan dan Taman Tebet Utara.

Yang kedua, Taman Maju Bersama punya visi mengembalikan fungsi taman secara ekologi, menjadi sarana interaksi, edukasi, dan rekreasi bagi masyarakat DKI Jakarta.

Lalu yang ketiga, sungai yang berada di sepanjang taman akan dinaturalisasi dengan pelebaran dan perubahan profil tanggul, agar bisa dijadikan sebagai kolam retensi saat hujan.

Selain itu, fakta yang keempat, Pemprov DKI Jakarta akan mengubah pohon-pohon yang tidak sehat dan digantikan dengan yang baru. Naturalisasi ini akan menyesuaikan dengan kondisi vegetasi yang ada.

Kelima, Tebet Eco Garden juga akan dibuatkan fasilitas baru seperti jogging track, plaza, sentra makanan, taman tematik, taman bibit yang diperuntukkan oleh komunitas farming, dan taman bermain anak. Hal ini bertujuan agar taman semakin menjadi fasilitas yang bersahabat dengan masyarakat.

Serta yang terakhir, konsep taman bermain anak di Tebet Eco Garden akan menggunakan inspirasi hewan-hewan di habitat rawa, seperti meluncur bagai ular, melompat bagai katak, dan memanjat bak tupai.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Jakarta.go.id


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x