Covid-19 Telah Menyebabkan 7 Pejabat Daerah Meninggal! Berikut Himbauan Kemendagri

- 18 September 2020, 16:09 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /Pixabay/

JAKSELNEWS.COM - Hingga kini, 7 pejabat daerah telah meninggal dunia akibat terkena Covid-19. Hal tersebut menjadi bukti bahwa Covid-19 menyerang siapapun tanpa melihat lapisan masyarakat. 

Pejabat-pejabat daerah ini umumnya setingkat Walikota dan Bupati hingga Ketua DPRD. Pada kasus terakhir, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah meninggal dunia akibat Covid-19.

Bergugurannya pejabat tinggi di Pemda pun membuat Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian kebingungan.

Oleh karena itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan beberapa imbauan serta wejangan kepada para pejabat daerah untuk mengantisipasi terpapar virus corona.

Instruksi ini secara global disampaikan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, yang meminta agar seluruh pejabat negara maupun daerah mematuhi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020, tentang protokol kesehatan.

“Kita tegaskan kembali bahwa virus Corona bisa menyerang siapapun dan tak mengenal jabatan,” ujar Bahtiar Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri di Jakarta, Kamis 17 September 2020, sebagaimana dikutip Jakselnews.com dari artikel Pikiran-Rakyat.com berjudul Hingga saat Ini Ada 7 Pejabat Daerah yang Meninggal akibat Covid-19, Kemendagri Berikan Imbauan.

Pejabat negara dalam kondisi pandemi ini memang harus menjaga wilayahnya dengan ketat dan sering turun ke masyarakat. Oleh karena itu, kata Bahtiar, besar risiko para pejabat ini terjangkit.

“Jadi prinsipnya semua waspada. Karena di rumah dan di lingkungan rumah kita juga bisa kena," imbuh dia.

Dirjen itu pula mengingatkan semuanya untuk menerapkan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x