Ungkap Ada Potensi Tsunami Hingga 20 Meter di Jawa Barat dan Jawa Timur, Ini Penjelasan Ahli ITB

- 21 September 2020, 22:28 WIB
Ilustrasi tsunami.
Ilustrasi tsunami. /Foto: Pixabay/Kellepics/

JAKSELNEWS.COM - Pernyataan menghebohkan diungkapkan oleh salah satu ahli bidang Seismologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Sri Widiyantoro mengenai potensi tsunami di Pantai Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur.

Sri mengatakan bahwa kesimpulan itu ia dapatkan setelah melakukan riset selama enam tahun. Lebih lanjut, menurut Sri potensi tsunami tersebut bisa mencapai 20 meter di Jawa Barat, dan sekitar 12 meter di Jawa Timur.

Hal ini didasari pada riset di wilayah minim gempa yang disebut seismic gap. Dilansir dari PORTALSURABAYA.com mengutip Earthquake dalam artikel ITB Sebut Ada Potensi Tsunami Hingga 20 Meter di Jawa Barat dan Jawa Timur seismic gap adalah bagian dari sesar yang pernah menghasilkan gempa bumi di masa lalu.

Namun, wilayah itu menjadi semakin tenang seiring waktu sehingga disebut sebagai wilayah minim gempa. Beberapa seismic gap pun tidak teramati gempa bumi secara historis oleh para ahli.

Adapun riset Sri Widiyanto bersama timnya mengungkapkan bahwa area seismic gap mampu menjadi sumber gempa bumi di masa mendatang apabila deformasi GPS yang diamati lebih kecil dibandingkan laju gerak lempeng (defisit slip).

Riset tersebut dilakukan menggunakan data GPS dari 37 stasiun di Jawa Timur serta Jawa Tengah selama enam tahun.

Teori seismic gap sendiri memprediksi bahwa ukuran relatif dan frekuensi gempa bumi di suatu daerah tergantung pada ukuran dan frekuensi gempa bumi di daerah lain. Artinya, semakin sering peristiwa gempa kecil terjadi di suatu daerah semakin kecil pula kemungkinannya akan mengalami gempa besar.

Sebaliknya, wilayah dengan yang lama tak mengalami gempa bumi, bisa mengalami gempa lebih besar di masa depan.

Berdasarkan hal tersebut, Sri Widiyantoro memprediksi kemungkinan besar tsunami dapat terjadi pada ketinggian maksimum 20.2 meter di sebelah pulau-pulau kecil Selatan Banten dan juga Selatan Jawa Timur.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Portal Surabaya


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x