Siap Dipasarkan di Indonesia, Harga Obat Covid-19 Remdesivir Per Dosisnya Tembus Jutaan Rupiah!

- 2 Oktober 2020, 17:00 WIB
Ilustrasi obat antivirus Remdesivir.
Ilustrasi obat antivirus Remdesivir. /Rebel Covid-19

JAKSELNEWS.COM - Sampai sekarang para ahli di bidang medis di seluruh negara di dunia terus menerus berupaya untuk menemukan obat atau vaksin yang guna membantu penyembuhan pasien positif Covid-19.

Diketahui bahwa salah satu obat yang sudah digunakan di beberapa negara yakni adalah Remdesivir.

Dikutip dari berita artikel FixIndonesia.Pikiran-Rakyat.com berjudul Obat Covid-19 Remdesivir Siap Dipasarkan di Indonesia, Harga Per Dosisnya Capai Jutaan Rupiah, Remdesivir merupakan obat antivirus yang ditujukan untuk mengurangi masa pemulihan pasien COVID-19. Obat tersebut pula telah tersedia untuk pasien di Amerika Serikat.

Menurut Gilead Sciences selaku pembuat obat Remdesivir, di Amerika obat tersebut dipatok dengan harga Rp33 juta hanya untuk sekali pengobatan.

Mereka juga mengatakan, pengobatan bahkan bisa bertambah hingga Rp44 juta, tergantung pada asuransi pasien, pendapatan, dan faktor-faktor lainnya.

Harga yang dipatok Gilead Sciences kemudian pun mendapatkan kritik dan kecaman dari berbagai kelompok masyarakat.

Beberapa kelompok masyarakat mengecam naiknya harga Remdesivir lantaran mereka merasa sudah membayar pajak yang diinvestasikan untuk pengembangan obat tersebut.

Kepala eksekutif Gilead Sciences, O'Day kemudian menjelaskan, untuk 127 negara berpenghasilan menengah ke bawah, Gilead Sciences akan memberikan kebijakan yang lebih ringan.

Gilead Sciences nantinya akan mematok harga obat generik tersebut dengan biaya sekitar Rp8 juta per sekali pengobatan untuk 127 negara tersebut.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Fix Indonesia PRMN


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x