Wah! Ratusan Mahasiswa Dinyatakan Positif Covid-19 Usai Aksi Demo Tolak UU Ciptaker

- 19 Oktober 2020, 19:49 WIB
Ilustrasi unjuk rasa mahasiswa.
Ilustrasi unjuk rasa mahasiswa. /Pikiran-rakyat.com/ARMIN ABDUL JABBAR /

JAKSELNEWS.COM - Demonstrasi menolak Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) yang dilakukan beberapa waktu lalu berdampak pada klaster penularan virus Corona Covid-19

Berdasarkan informasi yang disampaikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), terdapat ratusan mahasiswa yang terpapar Covid-19 usai mengikuti aksi unjuk rasa yang digelar di berbagai wilayah itu. 

Informasi tersebut pun diperoleh Kemendikbud dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Diketahui bahwa mereka yang dinyatakan positif Covid-19 tersebar di sejumlah wilayah.

“Setelah demo itu, tim Satgas Covid-19, Prof Wiku (Juru Bicara Satgas) melaporkan, ada 123 mahasiswa yang positif kena Covid-19,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam dalam diskusi bertajuk ‘Kemerdekaan Menyatakan Pendapat di Kampus’, Minggu 18 Oktober 2020, sebagaimana dikutip Jakselnews.com dari artikel Jakbarnews.Pikiran-Rakyat.com berjudul Ratusan Mahasiswa Positif Covid-19, Usai Aksi Demo Tolak UU Cipta Kerja Minggu lalu.

Lebih lanjut, Nizam menyebut bahwa mayoritas kasus mahasiswa positif Covid-19 dilaporkan di DKI Jakarta sebanyak 34 orang. 

Disusul kemudian di Medan, Sumatera Utara sebanyak 21 orang, di Surabaya, Jawa Timur ada 24 orang, dan di Bandung, Jawa Barat ada 13 orang.

“Jadi banyak, ada di mana-mana. Itu yang terdeteksi,” ucap Nizam.

Terkait potensi penularan virus corona di tengah aksi unjuk rasa sebelumnya telah diungkapkan oleh pakar epidemiologi Indonesia dari Universitas Griffith, Australia, Dicky Budiman.

“Berkumpulnya massa dalam jumlah besar seperti unjuk rasa ataupun kampanye pemilihan kepala daerah, pasti akan meningkatkan risiko penularan. Untuk mencegah tentu dengan meredam sumber masalahnya agar tidak ada unjuk rasa. Tapi, di luar ranah epidemiologi,” ungkap Dicky, pada 9 Oktober 2020 lalu.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: JAKBARNEWS


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x