Soal Pilkada di Tengah Pandemi, Puan Maharani: Diadakan untuk Menguatkan Penanganan Covid-19

- 21 Oktober 2020, 17:03 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani.
Ketua DPR RI Puan Maharani. /Pikiran-Rakyat.com

JAKSELNEWS.COM - Di masa pandemi covid-19 yang belum usai, diketahui bahwa Pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), beserta penyelenggara pemilu tetap bulat untuk mengadakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2020 mendatang.

Pemerintah, DPR, dan penyelenggara pemilu tersebut percaya bahwa Pilkada serentak tidak akan memperburuk kondisi pandemi, selama semua proses yang dijalankan berjalan sesuai protokol kesehatan.

Semua itu sudah diatur melalui Peraturan KPU (PKPU) No. 10 Tahun 2020 tentang Perubahan atas PKPU No. 6 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pilkada dalam Kondisi Bencana Non Alam.

Sebelumnya, perhelatan pemilu semula akan digelar pada bulan September. Akan tetapi, akibat pandemi Covid-19, perencanaan Pilkada Serentak harus diundur menjadi 9 Desember 2020.

Dilansir Jakselnews.com dari artikel PRBandungRaya.Pikiran-Rakyat.com berjudul Pilkada di Mata Puan Maharani: Penting untuk Menguatkan Penanganan Pandemi Covid-19, hal tersebut dilakukan lantaran pemerintah akan kalap apabila Pilkada Serentak ditunda kembali, sebab akan berpotensi mengosongkan jabatan kepala daerah di 270 pemerintah lokal.

Senada dengan hal itu, Ketua DPR RI, Puan Maharani mengatakan bahwa pelaksanaan Pilkada Serentak sebenarnya penting dilaksanakan.

Menurutnya, Pilkada Serentak diadakan untuk menguatkan penanganan pandemi Covid-19.

“Jika 270 daerah pelaksanaan Pilkadanya ditunda, kemudian posisi kepala daerah yang sangat krusial di masa krisis hanya ditempati pelaksana tugas yang lemah secara legitimasi dan terbatas ruang lingkupnya dalam mengambil keputusan," jelas Puan, Rabu 21 Oktober 2020.

Selain itu, Puan pula menambahkan apabila Pilkada Serentak ditunda kembali, justru akan membuat kerja Pemda menjadi lambat dan menimbulkan banyak ketidakpastian.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: PR Bandung Raya


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x