Heboh! Warga Dikejutkan Awan Mirip UFO di Gunung Arjuno, Simak Penjelasan BMKG

- 5 November 2020, 16:37 WIB
Fenomena awan menyerupai UFO muncul di Gunung Arjuno.
Fenomena awan menyerupai UFO muncul di Gunung Arjuno. /Twitter

JAKSELNEWS.COM - Warga dikejutkan sebuah ‘penampakan’ awan yang berbentuk mirip UFO di atas Gunung Arjuno, Jawa Timur pada Kamis, 5 November 2020.

Sejumlah warga pun langsung memotret fenomena aneh tersebut lalu menyebarkannya di media sosial.

Femona tersebut pun berusaha dijelaskan oleh pihak Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Juanda. Menurut BMKG, awan tersebut bernama Lentikularis dan tidak berbahaya bagi masyarakat.

“Awan yang tampak seperti itu (UFO) adalah awan Lentikularis yang tumbuh di sekitaran gunung atau dataran tinggi. Secara umum tidak berbahaya, tetapi bagi dunia penerbangan cukup berbahaya. Karena pesawat akan mengalami turbulensi atau guncangan," jelas Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh, Kamis 5 November 2020.

Dilansir dari Pikiran-Rakyat.Com dalam artikel Awan Mirip UFO Muncul di Atas Gunung Arjuno, BMKG Pastikan Tidak Berbahaya Teguh menerangkan awan Lentikularis dapat terbentuk karena turbulensi atau pusaran angin secara vertikal di sekitar gunung tersebut.

“Sehingga berbahaya bagi penerbangan rendah seperti helikopter di sekitar awan,” jelas Teguh.

Selanjutnya Teguh menyebut bahwa peristiwa langka ini dapat terjadi jika  gelombang gunung atau angin lapisan atas permukaan gunung yang cukup kuat lalu membentur dinding pegunungan.

“Gelombang yang terjadi di satu sisi kemudian membentur dinding pegunungan. Sehingga terjadilah bentuk awan bertingkat dan berputar seperti lensa,” tuturnya.

“Sehingga menimbulkan turbulensi di sisi gunung lainnya dan membentuk awan-awan bertingkat yang berputar seperti lensa," pungkas Teguh.***(Tim PRMN 03/Pikiran Rakyat)

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x