Gawat! Status Gunung Merapi Naik ke Siaga III, Ini Wilayah yang Mungkin Terdampak

- 5 November 2020, 19:41 WIB
Kawasan Rawan Bencana Gunung Merapi
Kawasan Rawan Bencana Gunung Merapi /Balai Penyeledikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG)/

JAKSELNEWS.COM - Terhitung hari ini, Kamis 5 November 2020, status Gunung Merapi ditingkatkan dari Waspada ke Siaga III.

Keputusan ini diambil oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) PVMBG setelah melakukan evaluasi dan pemantauan terhadap aktivitas Gunung Merapi.

"Berdasarkan evaluasi data pemantauan, BPPTKG menyimpulkan bahwa aktivitas vulkasi Gunung Merapi saat ini dapat berlanjut ke erupsi yang membahayakan penduduk," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam siaran persnya hari ini, Kamis 5 November 2020.

Dikutip dari artikel Portal Jogja berjudul Gunung Merapi Naik Status dari Waspada ke Siaga Level III, 4 Kabupaten Bakal Terdampak BPPTKG menyebutkan wilayah di Provinsi DIY yang memiliki risiko berbahaya adalah  wilayah Desa Kepuharjo, Glagaharjo dan Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman.

Sementara di Jawa Tengah wilayah yang terancam bahaya adalah Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, Kecamatan Selo Boyolali dan Kecamatan Kemalang Klaten.

Sebagai langkah mitigasi bencana, BPPTKG pun meminta agar sejumlah aktivitas di KRB III segera dihentikan, seperti aktivitas penambangan pasir dan pendakian.***(Bagus Kurniawan/Portal Jogja)

Editor: Husain F.P

Sumber: Portal Jogja (PRMN)


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x