Masuk ke info.gtk.kemdikbud.go.id, Cek Syarat dan Cara Daftar BLT Guru Honorer Rp 2,4 Juta!

- 11 November 2020, 11:47 WIB
Buruan login ke laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ untuk mengecek terdaftar atau tidaknya sebagai penerima BLT Rp2,4 juta guru honorer dan PTK non PNS dari Kemenaker RI.
Buruan login ke laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ untuk mengecek terdaftar atau tidaknya sebagai penerima BLT Rp2,4 juta guru honorer dan PTK non PNS dari Kemenaker RI. /RINGTIMES BALI/

JAKSELNEWS.COM - Guru honorer akan segera mendapatkan bantuan subsidi gaji dari pemerintah. Untuk mengetahui informasinya, cukup masuk ke laman info.gtk.kemdikbud.go.id.

Hal itu seperti yang dikatakan oleh Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah bahwa ada selisih anggaran dalam program BLT BPJS Ketenagakerjaan kepada pekerja yang terdampak Covid-19.

Untuk itu dirinya menyarankan kepada Kementerian Keuangan untuk mengalokasikan dana tersebut kepada guru honorer.

"Selisih ini kami sudah koordinasikan dengan Kementerian Keuangan," kata Ida Fauziyah mengutip laman Antara Rabu (11/11).

Dia juga menjelaskan banyaknya permintaan dari guru honorer akan bantuan ini, Kemenaker merekomendasikan untuk menghubungi kementerian terkait.

"Banyaknya permintaan tersebut maka kami rekomendasikan dapat program yang sama melalui kementerian terkait," papar Ida.

Adapun cara untuk mendapatkan BLT atau BSU (Bantuan Subsidi Upah) guru honorer tersebut adalah:

  1. Terdaftar di Data Pokok Pendidikan dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi per akhir Juni 2020.

  2. Bantuan ini diberikan kepada guru honorer dan PTK non PNS lainnya yang belum mendapatkan subsidi upah dari program pemerintah, yang dimaksud ialah subsidi gaji untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan.

  3. PTK yang akan mendapatkan BLT adalah yang gajinya di bawah Rp 5 juta.

  4. PTK tidak masuk dalam program kartu prakerja dan Banpres UMKM.

  5. Pengajar juga harus tercatat aktif mengajar pada semester I 2020-2021 pada Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Simpatika) Kemenag.

Untuk mengetahuinya ada baiknya segera masuk ke laman info.gtk.kemdikbud.go.id. Namun menurut pantauan Jakselnews.com, situs ini sejak pagi tadi belum bisa dibuka. Sedang dilakukan perbaikan pada situs tersebut hingga siang ini.

Namun berhubung ini adalah satu-satunya informasi terkait BLT tersebut, mungkin pengunjung bisa menunggu di waktu-waktu di mana pengunjung website tidak terlalu padat.

GTK merupakan info validasi data guru yang berfungsi membantu pengajar mendapatkan data sekolah.

Jika ada kesalahan data, proses perbaikan melalui aplikasi dapodik di sekolah terkait. Untuk membuka GTK gunakan akun PTK yang sudah diverifikasi.

  1. Pastikan menggunakan email aktif

  2. Tidak diperkenankan menggunakan email orang lain

  3. Pengaturan ulang akun dapat melalui Manajemen Dapodik

Setelah masuk di laman info.gtk.kemdikbud.go.id, apabila ada tampilan tabulasi di bagian paling bawah tertulis Pembayaran insentif guru bukan PNS.

Halaman:

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x