Digitalisasi UMKM Bisa Ditempuh dengan Memanfaatkan Platform Digital, Terutama Pemasaran Online

- 13 Oktober 2020, 12:13 WIB
Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM /Dara.co.id

JAKSELNEWS.COM - Pada masa Pandemi COVID-19 ini, telah mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya saing agar tetap bertahan hidup. 

Pendemi ini juga meningkatkan motivasi menciptakan ruang tanpa batas melalui peningkatan penggunaan platform digital yang dapat menjadi motor penggerak dalam pemulihan ekonomi yang diharapkan bersama.

UMKM dinilai perlu didorong agar lebih adaptif dan sikap dalam menghadapi era normal baru, dengan peluang peningkatan permintaan baik dari domestik maupun luar negeri dengan standar kesehatan baru, serta semakin kuatnya preferensi masyarakat akan transaksi ekonomi dan keuangan digital.

"Digitalisasi UMKM dapat ditempuh dengan memanfaatkan platform digital, khususnya untuk pemasaran online dan digitalisasi pembayaran," kata Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Eriko Sotarduga dalam rilis, Selasa. Dikutip jakselnews.com dari Antara.

Program yang bertujuan untuk membantu digitalisasi UMKM perlu betul-betul mengoptimalkan beragam platform digital terutama akibat dampak pandemi yang banyak mempengaruhi kinerja UMKM di berbagai daerah.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Eriko Sotarduga mengingatkan bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian domestik, oleh karenanya perlu didorong untuk menjadi sumber pertumbuhan baru ekonomi.

Selain itu, ia juga mengatakan kunci lainnya yang harus ditempuh dalam pengembangan UMKM adalah peningkatan nilai tambah produk-produk UMKM dan sinergi.

"Dalam pandemi COVID-19 ini, UMKM adalah sektor yang paling terpukul karena banyaknya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar)," ucap Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Eriko Sotarduga.

Sebagaimana diwartakan, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), perlu untuk terus memperbanyak penyaluran kredit kepada UMKM baru di sektor riil.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x