Waspada! Jokowi Peringatkan Dampak Fenomena La Nina, Simak Penjelasannya di Sini

- 13 Oktober 2020, 11:21 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo (Jokowi). /Dok. Kominfo./

JAKSELNEWS.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan jajarannya akan dampak fenomena cuaca La Nina di Indonesia.

Menerima laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jokowi meminta para menterinya untuk waspada dan bisa mengantisipasi dampak La Nina yang mempengaruhi curah hujan di Tanah Air.

"Fenomena La Nina diprediksi naiknya jumlah curah hujan bulanan Indonesia hingga 20-40 persen di atas normal," ucap Jokowi saat membuka rapat terbatas secara virtual di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 13 Oktober 2020, dikutip Jakselnews.com dari artikel Pikiran-Rakyat.com berjudul Jokowi Peringatkan Fenomena La Nina, dari Potensi Bencana hingga Dampaknya ke Produksi Pertanian.

Oleh sebab itu, Jokowi minta jajarannya untuk mulai mengantisipasi dampak La Nina di beberapa sektor. Salah satu dampak La Nina yang disoroti Jokowi adalah kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi.

Bencana hidrometeorologi pun adalah bencana diakibatkan jumlah debit air dan statistik curah hujan, seperti banjir, tanah longsor, hingga angin puting beliung.

Selain hal tersebut, Jokowi juga meminta agar ada antisipasi La Nina untuk sektor pertanian dan perikanan.

"Dampak dari La Nina ini terhadap produksi pertanian, benar-benar dihitung," kata Jokowi.

Jokowi pula menegaskan ke jajarannya, agar jangan menyepelekan prediksi kenaikan curah hujan yang mencapai 40 persen. 

"Saya juga minta, disampaikan dan disebarluaskan informasi terkait perkembangan cuaca ke seluruh provinsi dan daerah. Sehingga tahu semua, curah hujan bulanan ke depan akan terjadi kenaikan seperti apa," pungkas dia.*** (Agil Hari Santoso/Pikiran Rakyat)

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x