Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS dan Faktor yang Mempengaruhi Pergerakan Rupiah Hari Ini

- 25 Maret 2021, 09:03 WIB
ILUSTRASI // Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS Kamis, 25 Maret 2021
ILUSTRASI // Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS Kamis, 25 Maret 2021 //indonesia.go.id

JAKSELNEWS.COM - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ditutup pada level Rp 14.458 pada perdagangan Rabu, 24 Maret kemarin. Sementara, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada Kamis, 25 Maret 2021 berada di kisaran Rp 14.461.

Terdapat sejumlah faktor eksternal yang membuat rupiah melemah pada perdagangan kemarin. Dollar AS mendekati level tertinggi selama empat bulan terakhir akibat timbulnya kekhawatiran akan gelombang Covid-19 ketiga di Eropa.

Potensi kenaikan pajak AS serta meningkatnya ketegangan antara Barat dan China juga diperkirakan melemahkan selera risiko. Sedangkan dari sisi internal, Bank Indonesia telah berupaya cukup baik untuk menjaga kondisi perekonomian Indonesia. 

Baca Juga: Hacker China Gunakan Facebook untuk Retas Ponsel Muslim Uighur di Luar Negeri

Pelemahan mata uang rupiah selama beberapa bulan belakangan tidak menimbulkan kepanikan. Hal ini diduga karena tidak ada lagi amunisi Bank Sentral untuk menahan rupiah agar tidak melemah. Beberapa pilihan untuk menstabilkan mata uang rupiah belum dapat dijalankan mengingat masa pemulihan perekonomian di Indonesia saat ini. 

Untuk Anda yang tertarik menukarkan rupiah atau dollar AS pada hari ini, berikut kurs dollar AS di BCA dan BNI berdasarkan laman resmi masing-masing bank:

BCA (Bank Notes / TT Counter)

Kurs Jual: Rp 14.590 / Rp 14.590

Kurs Beli: Rp 14.290 / Rp 14.290

Baca Juga: Selamat BLINK! Rose BLACKPINk Raih Kemenangan Pertama untuk 'On The Ground'

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x