7 Tips Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari, Dapat Turunkan Berat Badan!

- 27 November 2020, 20:29 WIB
7 Tips Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari.
7 Tips Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari. /pixabay.com/Claudia_Scott

 

JAKSELNEWS.COM – Selain olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat, tidur nyenyak di malam hari merupakan salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Menurut penelitian, kurang tidur di malam hari dapat memberikan efek negatif bagi tubuh, seperti fungsi otak, performa, hormon, kenaikan berat badan, dan resiko penyakit.

Sebaliknya, tidur nyenyak dan berkualitas dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan menjaga berat badan.

Jika Anda ingin menjaga kesehatan tubuh dan menurunkan berat badan, mendapatkan tidur yang berkualitas dapat menjadi salah satu hal penting yang dapat Anda lakukan. Berikut 7 tips tidur nyenyak di malam hari.

1. Jangan konsumsi kafein di sore hari

Mengkonsumsi kafein memiliki berbagai manfaat, seperti meningkatkan energi tubuh. Namun, jika dikonsumsi pada siang hari, kafein dapat menstimulasi sistem dalam tubuh yang dapat mempengaruhi tubuh Anda saat malam hari.

Menurut sebuah studi, mengkonsumsi kafein enam jam sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Pasalnya, kafein akan bertahan di dalam tubuh selama enam hingga delapan jam.

2. Kurangi tidur siang yang tidak teratur atau panjang

Waktu tidur siang yang panjang dapat memberikan efek negatif bagi tidur Anda. Pasalnya, tidur di siang hari dapat mempengaruhi waktu tidur Anda yang dapat menyebabkan Anda kesulitan tidur di malam hari.

Tidur lama di siang hari dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh dan kualitas tidur Anda. Sementara itu, tidur siang selama 30 menit justru dapat meningkatkan fungsi otak.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: healthline


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x