5 Cara Menghilangkan Sakit Kepala tanpa Efek Samping

- 19 Februari 2021, 08:29 WIB
10 Cara Mudah Atasi Sakit kepala, Jangan Buru-buru Minum Obat
10 Cara Mudah Atasi Sakit kepala, Jangan Buru-buru Minum Obat /.*/pexels/Mikael Blomkvist

JAKSELNEWS.COM - Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang dialami oleh semua orang. Sakit kepala kerap dianggap sebagai penyakit yang tak terlalu serius. Meskipun dianggap tidak begitu serius, sakit kepala juga tidak bisa diremehkan begitu saja.

Sakit utama pada umumnya merupakan kondisi badan meriang. Namun, kondisi tersebut dapat mengganggu kegiatan anda dalam beraktivitas.

Maka dari itu, untuk sebagian orang meminum obat setelah merasakan sakit kepala menjadi jawaban. Namun, banyak juga orang yang memilih untuk tak meminum obat ketika merasakan sakit kepala.

Berikut 5 cara menghilangkan sakit kepala tanpa efek samping yang bisa anda lakukan:

1. Kompres kepala dengan air dingin

Jika anda merasakan sakit kepala migrain, anda bisa mengkompres pada bagian dahi, leher ataupun kepala. Kompres dengan menggunakan air dingin mampu mengurangi dan meringankan rasa sakit kepala. Kompres kepala anda selama kurang lebih 15 menit, kemudian istirahatlah setelah mengkompres kepala.

2. Istirahat di ruangan yang gelap

Istirahat di suatu ruangan yang gelap dan sunyi dengan mata tertutup dianggap mampu meredakan rasa sakit kepala yang dialami oleh seseorang. Dalam keadaan gelap dan sunyi tersebut dapat membuat otot-otot yang tegang menjadi rileks. Agar tidak terlalu sunyi, anda bisa melakukan hal ini sambil mendengarkan musik kesukaan anda.

3. Mengkonsumsi jahe

Selanjutnya cara menghilangkan sakit kepala yaitu dengan mengkonsumsi jahe. Anda dapat mengkonsumsi jahe dalam bentuk suplemen atau dicampurkan dalam minuman hangat seperti teh. Nutrisi dan aroma dari jahe dipercaya secara efektif dapat menguragi rasa sakit kepala. 

4. Pijat lembut bagian leher dan pelipis

Jika anda terserang sakit kepala secara tiba-tiba, anda dapat memijat pelipis atau leher anda untuk meringankan rasa sakit kepala tersebut. Lakukan dengan memijat secara pelan di leher, lakukan secara terus menerus hingga rasa sakitnya terasa berkurang. Kemudian anda juga dapat melakukan perenggangan untuk merelaksasi otot-otot anda sehingga aktivitas anda tidak terganggu.

5. Minum Kopi

Menghirup aroma kopi dipercaya dapat mengurangi rasa sakit kepala. Kafein dalam kopi dapat memberikan efek positif ke orang yang mengalami sakit kepla. Namun, anda juga perlu memperhatikan jumlah asupan kafein per harinya, cukup satu gelas kopi untuk menghilangkan rasa sakit kepala anda.**

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x