Peran Ayah Sama Pentingnya untuk Anak, Yuk Pelajari yang Bisa Ayah Lakukan dalam Pengasuhan Anak

- 17 Maret 2021, 20:00 WIB
ILUSTRASI// Ayah punya peran penting untuk anak, simak caranya terlibat aktif dalam pengasuhan anak
ILUSTRASI// Ayah punya peran penting untuk anak, simak caranya terlibat aktif dalam pengasuhan anak /Pexels

JAKSELNEWS.COM – Ayah mungkin jarang sekali terlibat dalam pengasuhan anak. Namun realitanya, ayah tetaplah sosok yang penting dalam hidup anak-anak. Anak-anak menjadikan sosok ayah sebagai panutan, terutama soal kedisiplinan dan aturan di rumah. Anak juga mencari ayah saat mereka membutuhkan rasa aman, baik fisik maupun emosional.

Pada umumnya, hubungan seorang anak dengan ayah juga membentuk gambaran ideal tentang hubungan anak dengan orang lain di masa depan. Anak perempuan akan cenderung mencari sosok laki-laki yang memiliki kualitas pribadi seperti ayahnya.

Sedangkan anak laki-laki cenderung ingin tumbuh menjadi pria dengan kualitas pribadi seperti ayahnya. Lalu, apa saja yang dapat ayah lakukan untuk benar-benar berperan dalam pengasuhan anak? Yuk pelajari langkah berikut ini.

Baca Juga: Azka Corbuzier Beri Doa Untuk Pernikahan Sang Ibu Kalina Ocktaranny

Bekerja sama dengan Ibu

Mulai dari jadwal sekolah, pekerjaan rumah, dan bekal makan siang, hampir semua tanggung jawab sebagai orangtua dilakukan oleh ibu. Jika ayah dan ibu sepakat untuk bekerja sama dalam pengasuhan anak, sebaiknya ayah juga melakukan tugas dan tanggung jawab yang lebih dari sekedar bermain dengan anak.

Diskusikan tentang aturan di rumah yang harus dijalankan dengan konsisten dan tegas. Oleh karena itu, sebelum mengambil peran sebagai ayah yang baik, ayah dan ibu perlu saling berkomunikasi dan konsisten dalam menerapkan suatu pola dalam pengasuhan anak.

Pelajari Strategi Disiplin untuk Anak

Ayah juga perlu mempelajari strategi disiplin dan bagaimana penerapannya sesuai dengan usia dan perkembangan anak. Disiplin tidak harus selalu diikuti dengan hukuman. Ayah perlu mengembangkan relasi yang dekat dan dalam agar strategi disiplin menjadi efektif.

Baca Juga: PBB Kecam Bentrokan di Myanmar yang Tewaskan Ratusan Orang

Motivasi anak untuk berperilaku baik ketimbang mengancam mereka. Berhati-hatilah dalam menetapkan aturan dan tetaplah bersikap tegas.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x