Patut Dicoba! 5 Teknik Meditasi Mudah Hilangkan Panick Attack dari TikTok

- 17 Maret 2021, 21:42 WIB
Ilustrasi meditasi (Pixabay)
Ilustrasi meditasi (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM  - Konten TikTok tidak hanya seputar hiburan, bernyanyi, menari, dan komedi. Banyak akun TikTok bermanfaat yang layak ditonton, seperti cara mengatasi serangan panik atau panick attack.

Salah satunya, konten TikTok tentang kesehatan mental. TikTok sarat dengan trik mudah dan teknik dasar untuk meredakan serangan panik.

Ketika mengalami serangan panik, Anda mungkin merasakan detak jantung semakin cepat, gemetar dan berkeringat, dan rasa takut yang melumpuhkan. Meskipun terkadang rasanya tidak mungkin untuk mengelola sensai tersebut, teknik meditasi/grounding merupakan salah satu cara yang dapat membantu untuk menyadarkan diri Anda kembali agar terasa tenang dan terkendali.

Baca Juga: 5 Cara Hilangkan Rasa Cemas, Salah Satunya Meditasi

Dikutip dari Bustle, sebuah studi tahun 2013 dari Frontiers of Psychology menjelaskan konsep dasar sebagai proses pengalaman fisik berinteraksi dengan proses kognitif. Dengan kata lain, stimulasi fisik dapat membantu Anda merasa lebih aman saat mengalami emosi panik dan kecemasan.

Berikut ini, teknik dasar dari beberapa akun TikTok yang dapat membantu menenangkan serangan panik atau panick attack

1. Teknik ‘Butterfly Hug’

Teknik ini dibagikan oleh akun TikTok @officialtiktoknurse. Caranya, siilangkan kedua lengan di depan dada hingga menyentuh sisi bahu. Lalu, ketuk jari satu persatu. Teknik ini dapat dilakukan hingga diri Anda merasa lebih tenang. Butterfly Hug ini juga pernah diperkenalkan dalam drama Korea It’s Okay Not To Be Okay.

Baca Juga: Penting! Lakukan 5 Gerakan Yoga Sederhana Ini Sebelum Memulai Hari

2. Teknik melihat segelas air bersoda

Terapis berlisensi Micheline Maalouf, LHMC dalam akun TikToknya @micheline.maalouf menawarkan trik dengan air soda. Anda hanya perlu mengambil segelas air soda dan mulai memperhatikan gelembung-gelembung itu, mendengarkan gelembungnya, dan merasakan perubahan uap yang terjadi pada soda. Menurutnya, cara ini melibatkan semua indera agar memudahkan Anda keluar dari rasa panik.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Bustle


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x