Tips dari dr.Tirta Untuk Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri

- 10 Juli 2021, 14:00 WIB
Sakit Bisa Cepat Sembuh Dengan Olahraga, dr.Tirta: Mati Bos!
Sakit Bisa Cepat Sembuh Dengan Olahraga, dr.Tirta: Mati Bos! /IG @dr.tirta

JAKSELNEWS.COM - Dokter Tirta Mandira Hudhi memberikan tips menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) bagi pasien corona alias Covid-19.

dr.Tirta memberikan tips Isolasi Mandiri untuk pasien Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan
 
Apa saja yang harus dilakukan untuk pasien Covid-19 yang menjalani Isolasi Mandiri Covid-19 di rumah? Berikut ini tips dari dr. Tirta :
 
1. Orang Tanpa Gejala (OTG)
 
"Untuk kalian semua pasien isoman yang tidak bergejala, cukup isoman 10 hari, tidak perlu minum obat apa pun karena tidak bergejala." ujar dr.Tirta
 
 
dr. Tirta mengatakan pasien corona tanpa gejala cukup makan makanan yang mengandung protein, untuk mengganti sel tubuh yang rusak usai terpapar Covid-19.
 
“Yang kalian harus lakukan adalah makan makanan yang mengandung protein yang cukup, karena zat pembangun tubuh, sehingga mengganti sel tubuh yang rusak,” ujar dr. Tirta.
 
Ia juga mengatakan pasien Covid-19 OTG juga harus makan makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin D untuk membantu pemulihan dari Covid-19.
 
 
2. Gejala Ringan
 
“Jika kamu gejala ringan, apakah gejala ringan itu? Demam lebih dari dua hari, ada nyeri sendi, dan anosmia, tetapi tidak ada gejala sesak, tidak ada batuk yang berat, batuknya Cuma ringan,” ujar dr.Tirta
 
dr.Tirta menjelaskan untuk pasien corona dengan gejala ringan, perlu mengonsumsi sejumlah obat-obatan untuk meredakan gejala Covid-19.
 
“Yang kamu harus pakai adalah obat-obatan seperti parasetamol 500mg tiga kali sehari, ini untuk demamnya. Dan kalau ada nyeri perut bisa diminum antasida 500mg dua sampai tiga kali sehari,” ujar dr. Tirta.
 
Sementara untuk minumannya, pasien Covid-19 gejala ringan harus meminum air yang cukup
 
“Terserah mau minum air kelapa, air putih, pocari sweat, air ion,” ujar dr. Tirta.
 
 
Kemudian, untuk penggunaan antibiotik dan obat-obatan terapi, pasien Covid-19 bergejala ringan tidak dianjurkan mengonsumsi obat tersebut
 
“Dan antibiotik tidak diperlukan untuk gejala ringan, apalagi dexamethasone dan temen-temennya, belum diperlukan untuk gejala ringan. Antibiotik dan Dexamethasone itu digunakan untuk gejala sedang menuju berat, dan harus menggunakan resep dokter,”  ujar dr. Tirta.
 
Lanjut, apabila pasien Covid-19 gejala ringan mengalami batuk-batuk, dapat menggunakan beberapa obat-obatan yang dianjurkan
 
“Kalau kamu ada batuk-batuk, bisa dibeli obat batuk hitam yang tidak mengeluarkan dahak. Minum dua kali sehari, atau bisa minum ambroxol, itu obat-obat yang ada di Puskemas dan murah,” ujar dr. Tirta.***

Editor: Husain F.P

Sumber: YouTube Tirta PengPengPeng


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah