Sering Mengalami Kliyengan? Ini Dia Penyebab yang Harus Anda Ketahui

- 13 Desember 2021, 13:36 WIB
Ilustrasi pusing, Berikut ini 10 gejala yang menunjukkan tubuh kurang zat besi.
Ilustrasi pusing, Berikut ini 10 gejala yang menunjukkan tubuh kurang zat besi. /Pixabay/PublicDomainPictures

JAKSELNEWS.COM - Pusing merupakan kondisi dimana kepala seperti mengalami ruang berputar, badan melayang, dan kliyengan. Padahal, antara sakit kepala dengan kepala kliyengan adalah kondisi yang berbeda.

Meskipun pusing bisa reda dengan sendirinya, namun jangan menyepelekan hal tersebut.

“Jangan mengabaikannya. Karena bahkan jika kepala kliyengan yang Anda alami ternyata tidak disebabkan oleh sesuatu yang serius, ini bisa mengakibatkan cedera serius ketika Anda oleng terjatuh. Dalam skenario terburuk, penyebabnya mungkin mengancam nyawa,” kata Dr. Shamai Grossman, seorang Profesor kedokteran darurat di Harvard Medical School, dikutip Jakselnews.com dari hallosehat langsung dari laman Harvard Medical School.

Berikut beberapa penyebab kepala Anda kliyengan yang perlu diketahui :

1.Syok karena Kaget

Ini disebabkan oleh sistem saraf yang bekerja terlalu aktif. Sistem saraf otonom membantu tubuh mengatur pergeseran tekanan darah saat kita berdiri. Tetapi, seiring bertambahnya usia, sistem ini dapat memburuk, menyebabkan penurunan tekanan darah sementara. Akibatnya, Anda merasa pucat dan pusing berputar.

2. Berdiri Terlalu Cepat

Ini disebabkan oleh tekanan darah yang merosot tajam dalam waktu sepersekian detik. Ketika Anda berdiri terlalu cepat, gaya gravitasi bumi juga menarik paksa aliran darah dalam jumlah besar langsung menuju kaki. Penggenangan darah yang tiba-tiba, menurunkan tekanan darah dan jumlah darah yang dipompa ke otak. Pasokan darah ke otak yang minim kemudian memicu timbulnya rombongan gejala — kepala berkunang, kebingungan, mual, penglihatan kabur dan menggelap, hingga rasa ingin pingsan.

3. Melewatkan Jam Makan

Ketika Anda melewatkan waktu makan, kadar gula darah menurun drastis sehingga tubuh mengaktifkan sinyal stres dan kelaparan. Ini menyebabkan metabolisme tubuh Anda melambat untuk menghemat energi, termasuk kerja otak. Akibatnya, gula darah rendah dapat menyebabkan tubuh menimbulkan beragam gejala buruk, yang mencakup kepala kliyengan, tubuh terasa goyah, hingga rasa ingin pingsan.

4.Mabuk Perjalanan

Pada saat sedang dalam perjalanan, Anda sering mengalami pusing dan mual atau entah badan pegal-pegal dan mengalami mabuk perjalanan. Ini biasa disebut dengan motion sickness, biasanya akan merasa pusing, mual dan muntah, dan kelelahan. Penyebabnya adalah ketidakseragaman antara mata, tubuh, dan telinga ketika mengirimkan sinyal pada otak selama di perjalanan.

5.Penyakit Vertigo

Penyebab dari vertigo ini adalah masalah pada telinga bagian dalam yang menjaga kesimbangan tubuh. Telinga bagian dalam Anda memiliki saluran yang terisi oleh cairan. Dengan adanya masalah, kerusakan, atau trauma pada bagian ini bisa menyebabkan kesalahan pengiriman sinyal pada batang otak yang mengakibatkan, otak akan menerjemahkan sinyal tersebut menjadi sebuah gangguan sehingga membuat Anda merasa kepala berputar dan perasaan ingin pingsan.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Hallo Sehat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x