Sering Nyeri Haid? Lakukan Cara Ini untuk Mengurangi Nyeri Haid pada Saat Menstruasi

- 15 Desember 2021, 07:30 WIB
Ilustrasi - Nyeri haid yang bisa sebabkan penyakit jantung
Ilustrasi - Nyeri haid yang bisa sebabkan penyakit jantung /pexels/Polina Zimmerman

JAKSELNEWS.COM - Bagi kaum wanita, menstruasi menjadi tidak nyaman karena adanya nyeri haid dan kram perut.  Nyeri bisa terasa ringan dan tidak mengganggu, hingga terasa berat dan tidak tertahankan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selama menstruasi, rahim akan berkontraksi sehingga membantu pengeluaran lapisan. Ada zat kimia prostaglandin yang membuat rasa sakit dan memicu kontraksi otot rahim. Jumlah prostaglandin yang tinggi bisa menyebabkan nyeri haid berlebih.

Efek tersebut dapat merubah mood seorang perempuan saat masa menstruasi. 

Dilansir dari berbagai sumber,  berikut cara agar mengurangi nyeri haid pada saat menstruasi :

1. Olahraga ringan

Olahraga dianjurkan saat nyeri karena mampu meringankan rasa sakit. Olahraga berat mungkin tidak dianjurkan saat Anda merasa kesakitan. Namun, peregangan ringan, berjalan-jalan atau melakukan yoga bisa membantu. Karena dengan kita berolahraga  akan melepaskan endorfin yang merupakan hormon penghilang rasa sakit alami.

2. Kompres air hangat pada perut

Anda bisa lakukan dengan menempelkan kompres hangat ke area perut dan punggung bagian bawah selama 15–20 menit, sebanyak 3 kali sehari. Riset membuktikan bahwa terapi ini bahkan hampir sama efektifnya dengan obat pereda nyeri, seperti paracetamol dan ibuprofen.

3.Kurangi kafein dan makanan asin

Kafein pada kopi, teh, soda, dan coklat perlu dihindari karena bisa memperparah kram perut. Anda dapat mengganti kopi dan teh dengan minuman lemon hangat atau jahe yang bagus untuk nyeri haid. Jahe serta lemon dapat membantu mengurangi sakit perut dan memberi efek menenangkan.

4. Akupuntur

Dilansir dari Halodoc, hasil penelitian yang telah dipublikasikan di PLOS One menunjukkan, akupunktur mampu meredakan kram menstruasi. Selain dapat mendorong pelepasan endorfin, perawatan ini dapat mengurangi peradangan dan membantu wanita lebih rileks.

5. Rutin minum air putih

Kekurangan cairan tubuh bisa menjadi penyebab kram otot di perut. Minum air putih dapat menjaga cairan dalam tubuh untuk meredakan nyeri haid. Anda bisa minum jus buah tanpa gula dan susu untuk mengatasi nyeri haid.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x