Apakah Mandi pada Malam Hari Berbahaya? Simak Penjelasannya

- 16 Desember 2021, 09:09 WIB
Ilustrasi mandi. 5 manfaat rutin mandi di pagi hari untuk kesehatan menurut dr. Saddam Ismail.
Ilustrasi mandi. 5 manfaat rutin mandi di pagi hari untuk kesehatan menurut dr. Saddam Ismail. /Pexels.com/Armin Rimoldi

JAKSELNEWS.COM - Kebiasaan mandi di malam hari biasanya dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Berbagai jenis penyakit sering dikaitkan dengan bahaya mandi malam hari. 

Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Bahaya mandi di malam hari hanya bisa terjadi ketika dilakukan terlalu sering dan tidak memperhatikan faktor risikonya.

Tetapi masih belum banyak penelitian yang membuktikan dampak bahaya dari mandi malam. Meski begitu, bukan berarti hal ini bisa dijadikan kebiasaan dan sering dilakukan. 

Dilansir Jakselnews.com dari halodoc, bahaya mandi malam sering dikaitkan dengan meningkatnya risiko penyakit rematik menyerang. Akan tetapi, hal itu ternyata hanya mitos belaka. 

Mandi malam sama sekali bukan penyebab penyakit rematik. Malah sebaliknya, rutin mandi malam dengan air hangat disebut bisa membantu meringankan gejala rematik. Selain dengan air hangat, Anda juga disarankan untuk sesekali mandi dengan air biasa untuk membantu mengurangi nyeri otot setelah beraktivitas sehari-hari.

Mandi malam belum terbukti bisa berbahaya serta menyebabkan gangguan pada kesehatan. Justru sebaliknya, hal ini ternyata bisa bermanfaat. Pada kondisi tertentu, seseorang justru dianjurkan untuk mandi pada malam hari, misalnya saat akan menjalani operasi. Bertujuan untuk membersihkan diri dengan mandi pada malam hari sebelum tindakan operasi dilakukan.

Selain itu, jika Anda banyak berkeringat di siang hari atau saat beraktivitas, mandi malam setidaknya bisa membantu membersihkan kulit dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Jika Anda ragu untuk mandi malam, Anda bisa menggunakan air hangat saat mandi. Karena, mandi air hangat bisa membuat tubuh merasa lebih nyaman, rileks, dan merangsang rasa kantuk. Namun, Anda tetap bisa menggunakan air biasa jika kamu merasa lebih nyaman.

Mandi malam tidak dianjurkan jika dalam keadaan tertentu, misalnya seperti saat sedang sakit. Jika Anda mempunyai keluhan atau masalah kesehatan tertentu, Anda bisa konsultasikan ke dokter.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Halodoc


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x