Tangan Sering Berkeringat? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

- 16 Desember 2021, 16:05 WIB
Ilustrasi telapak tangan berkeringat.
Ilustrasi telapak tangan berkeringat. /Pixabay.com/ BarbaraBonanno.

JAKSELNEWS.COM - Telapak tangan Anda sering berkeringat pasti sering dikaitkan dengan masalah penyakit jantung. Alasan tangan berkeringat bisa saja salah satunya ketika merasa gugup, cemas, terlalu bahagia, atau sedang stres, telapak tangan bisa banyak mengeluarkan keringat. 

Dalam istilah medis, tangan berkeringat disebut dengan palmar hiperhidrosis. Kondisi ini menyebabkan telapak tangan berkeringat secara berlebih, bahkan saat pasien berada di tempat sejuk atau sedang beristirahat.

Selain itu, stres dan cemas dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, serta merangsang saraf tubuh yang dapat meningkatkan produksi keringat. 

Lokasi paling umum dari keringat berlebihan ini adalah telapak tangan, telapak kaki, ketiak, dan wajah, karena area-area tersebut memiliki kelenjar keringat paling banyak.

Dilansir Jakselnews.com dari Halodoc, berikut ini adalah beberapa penyebab tangan selalu berkeringat :

1.Kondisi Emosi

Keringat berlebih dapat terjadi saat seseorang merasa terlalu emosional. Kondisi ini menyebabkan kelenjar keringat terstimulasi oleh saraf. Keringat pada telapak tangan biasanya terjadi saat seseorang merasa terlalu bersemangat, gugup, merasa takut, tertekan, serta cemas. Biasanya, kondisi ini akan mereda atau hilang saat penyebabnya diatasi. 

2.Faktor Psikis

Faktor psikis juga dapat menjadi faktor tangan berkeringat, hal itu yang menyebabkan sistem saraf bekerja secara berlebihan. Kondisi ini sering ditandai dengan keringat berlebih pada telapak tangan. Selain keluar keringat berlebih, gangguan psikis juga sering memunculkan gejala berupa sulit berkonsentrasi, gelisah, selalu merasa cemas, serta frekuensi buang air kecil atau buang air besar menjadi lebih tinggi. 

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Halodoc


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x