Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan, Bisa untuk Cegah Diabetes Lho!

- 17 Desember 2021, 12:17 WIB
Ilustrasi teh hijau
Ilustrasi teh hijau / hana_chado/PIXABAY

JAKSELNEWS.COM - Teh hijau berasal dari daun tumbuhan Camellia sinensis. Banyak manfaat yang dihasilkan oleh teh hijau ini. Salah satunya jika rutin mengkonsumsi teh hijau dapat menurunkan berat badan.

Dalam kandungan teh hijau terdapat 1 kkal energi 0,2 gram protein, 1 miligram magnesium, 8 miligram kalium, 12 miligram kafein. Teh hijau juga mengandung antioksidan, antiradang, dan antikanker yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Teh hijau juga baik dikonsumsi oleh anak-anak, ketika mereka bosan dengan minum air putih, teh hijau bisa dijadikan penggantinya.

Beragam manfaat yang dikeluarkan oleh teh hijau ini, berikut manfaat teh hijau bagi kesehatan yang dilansir dari berbagai sumber :

1. Mencegah diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan kinerja insulin dan mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes. Oleh karena itu, teh hijau aman dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes.

2. Berpotensi menurunkan penyakit kanker

Melansir dari hallo sehat, Pada teh hijau, terdapat senyawa aktif Epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang memiliki potensi membunuh sel-sel kanker pada payudara, paru-paru, dan usus tanpa merusak sel normal.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut dan menyeluruh untuk memastikan efektivitas teh hijau dalam mencegah kanker.

3. Membuat tidur lebih nyaman

Dengan mengkonsumsi teh hijau sebelum tidur bisa membantu untuk merelaksasikan tubuh Anda, karena kandungan theanine dalam teh hijau memiliki efek anti stres pada hewan maupun manusia. Hal ini dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

4. Mencegah risiko penyakit jantung

Sebuah riset menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL). Teh hijau juga mengandung asam fenolik, yang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x