Ini Ciri-ciri Seorang Control Freak, Anda Wajib Tahu!

- 17 Desember 2021, 09:18 WIB
Ilustrasi fokus dalam melakukan sebuah pekerjaan.
Ilustrasi fokus dalam melakukan sebuah pekerjaan. /pixabay/pexels

JAKSELNEWS.COM - Control freak adalah istilah untuk menggambarkan seseorang yang selalu ingin mengontrol banyak hal di sekitarnya agar sesuai dengan kemauannya. Banyak orang yang tidak sadar bahwa dia adalah seorang control freak.

Seorang yang mengalami control freak biasanya harus perfectionist karena mereka menginginkan kesempurnaan dalam hal apapun. 

Sikap ini juga dikaitkan dengan masalah psikologis yang membuat penderitanya tidak mampu mengontrol diri, seperti OCD, gangguan kecemasan, dan gangguan kepribadian.

Melansir dari Alodokter, berikut ciri-ciri apakah Anda memiliki sikap control freak atau tidak :

1.Melakukan gaslighting

Gaslighting merupakan  bentuk manipulasi yang biasanya terjadi dalam hubungan yang tidak sehat.

Orang yang suka mengatur identik dengan playing victim. Jika terjadi kesalahan, bukannya mengoreksi diri, mereka malah sibuk menyalahkan orang lain dan mencari pembenaran. Mereka juga tidak segan mengintimidasi dan melakukan gaslighting supaya korbannya merasa bersalah.

2. Menuntut hal yang tidak masuk akal

Bagi seorang yang control freak akan berusaha mengatur banyak hal. Tidak hanya untuk kepentingan dirinya sendiri, mereka juga suka mengatur kehidupan orang lain yang tidak ada kaitan dengan dirinya. Aturan-aturan yang dibuat juga kadang tidak masuk akal dan membuat korbannya kewalahan.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini