Punya Rekan Kerja yang Toxic? Begini Cara Menghadapinya

- 17 Desember 2021, 07:50 WIB
Cara mengatasi rekan kerja yang toxic di lingkungan kantor.
Cara mengatasi rekan kerja yang toxic di lingkungan kantor. /Ilustrasi/Pridestaff

JAKSELNEWS.COM - Dalam dunia pekerjaan, mungkin Anda mendapatkan teman atau kekasih yang toxic. Sering kali hal itu membuat stress diri kita. Toxic juga tidak hanya dari teman atau kekasih, tapi bisa dari rekan kerja. 

Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard Business School menemukan fakta bahwa satu dari dua puluh pekerja adalah seseorang yang toxic.

Mempunyai rekan kerja yang toxic bisa membuat kita sampai resign dari tempat kerja karena merasa tidak nyaman dan memilih tempat kerja lain. 

Dilansir Jakselnews.com dari beberapa sumber, berikut beberapa cara agar Anda terhindar dari rekan yang toxic agar tidak berdampak buruk bagi diri sendiri.

1.Kontrol reaksi

Dalam menghadapi rekan kerja tidak harus menggunakan emosi, Ucapan dan tindakan mereka memang tidak bisa dikontrol, tapi Anda masih bisa mengontrol emosi. Anda juga bisa menyiapkan beberapa argumen yang bisa membuat mereka “skakmat” jika sewaktu-waktu Anda “diserang”.

2.Buat batasan yang jelas antara urusan kantor dan pertemanan

Jika rekan Anda memberikan efek negatif yang membuat mood tidak baik, cobalah untuk membuat batasan Anda dan rekan Anda. Batasan tersebut meliputi urusan kantor dan pertemanan. Caranya, Anda tidak perlu melibatkan diri dalam pembicaraan atau pertemanan dengan mereka. Cukup bicarakan hal-hal yang berbau pekerjaan saja.

3. Jangan terbawa emosi

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x