Ini 4 Dampak Buruk Bagi Tubuh Jika Kamu Melewatkan Sarapan

- 21 Desember 2021, 10:01 WIB
Ilustrasi seseorang yang memiliki berat badan tidak berlebihan, salah satu caranya mengatur menu sarapan.
Ilustrasi seseorang yang memiliki berat badan tidak berlebihan, salah satu caranya mengatur menu sarapan. /Pexels.com/Artem Podrez

JAKSELNEWS.COM - Sarapan merupakan aktivitas pagi yang paling sering kita lakukan. Tetapi, beberapa orang melewatkan sarapan karena kesibukan paginya atau karena bangun terlalu siang. Padahal, sarapan sangat penting untuk kesehatan kita.

Melansir dari WebMD, tubuh membutuhkan gula dara untuk menguatkan otot dan kinerja otak dan hal ini bisa didapat dari sarapan. 

Melewatkan sarapan dapat menimbulkan beberapa kerugian bagi tubuh. Sering melewatkan sarapan akan mengganggu kinerja tubuh selama seharian. Akibatnya konsentrasi jadi terganggu dan tubuh jadi merasa lapar lebih cepat.

Seperti yang dijelaskan  Verywell Health, dampak buruk tidak sarapan yakni kehilangan sejumlah nutrisi penting, seperti kalsium dan vitamin C, yang banyak ditemukan pada menu sarapan, seperti susu dan sereal.

Baca Juga: Film Sepeda Presiden Akan Tayang Akhir Tahun Ini

Melansir dari berbagai sumber, berikut efek atau dampak buruk jika kamu melewatkan sarapan .

1. Meningkatkan resiko jantung

Menurut studi dari Universitas Harvard, pria yang melewatkan sarapan memiliki risiko 27 persen lebih besar terkena serangan jantung atau penyakit jantung, daripada mereka yang memiliki kebiasaan sarapan. 

Meski hal ini belum diketahui secara persis, para peneliti menduga bahwa bertahan dalam keadaan puasa lebih lama bisa memicu stres fisik dan membuat tubuh bekerja lebih keras, dan menyebabkan perubahan metabolisme.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah