Apa yang Dimaksud Trypophobia? Bagaimana Penyebab, Gejala, dan Cara Penanganannya

- 21 Desember 2021, 13:30 WIB
Ilustrasi cemas. Leo diramalkan cemas karena merasa tidak aman
Ilustrasi cemas. Leo diramalkan cemas karena merasa tidak aman /

JAKSELNEWS.COM - Apakah kamu merasa merinding dan jijik terhadap suatu objek yang berlubang-lubang? Jika iya, berarti kamu adalah salah satu dari ribuan orang yang mengidap masalah trypophobia atau tripofobia. 

Trypophobia adalah rasa tidak nyaman dan jijik pada lubang-lubang kecil yang tersusun secara berdekatan dalam jumlah yang banyak. 

Seperti yang dilansir Jakselnews.com dari berbagai sumber, orang yang mengalami trypophobia memiliki reaksi fisik atau emosional yang kuat setiap kali mereka melihat pola yang terdiri dari lubang ataupun bintik. Semakin banyak lubang yang mereka lihat, maka semakin tidak nyaman juga kondisi yang mereka rasakan. 

Bahkan fobia ini dapat menyebabkan masalah lebih serius seperti depresi yang cukup parah yang akan membuat orang sulit tidur dan makan. Saat seseorang memiliki fobia, mereka akan mengalami rasa takut yang dapat menyebabkan panik. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Smiling Depression? Menutupi Depresi dengan Senyuman

Penderita trypophobia berpikir bahwa ada sesuatu yang berbahaya yang mungkin mengintai dari dalam lubang-lubang tersebut, bahkan tidak sedikit yang merasa takut akan jatuh ke dalam lubang. 

Ketika kondisi panik muncul, seseorang akan sulit bernapas, rasa mual, sakit kepala, jantung berdetak lebih cepat, gemetaran, dan panas dingin. 

Namun, fobia ini belum diperkenalkan secara resmi, karena penelitian mengenai trypophobia masih terbatas. Saat ini, penelitian yang ada masih mempertimbangkan perlu tidaknya kondisi ini dianggap sebagai kondisi medis.

Penyebab trypophobia

Sebenarnya, penyebab trypophobia sendiri belum diketahui secara pasti. Namun, terdapat beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa penyebab trypophobia berasal dari rasa jijik atau ketakutan yang timbul setelah melihat objek berlubang. 

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x