Serial Investasi, Mengenal Keuntungan, Risiko, dan Cara Membeli Reksadana

- 24 Desember 2021, 16:00 WIB
Reksadana salah satu instrumen investasi yang mudah dan murah.
Reksadana salah satu instrumen investasi yang mudah dan murah. /Pixabay/PabitraKaity

JAKSELNEWS.COM - Tahun depan mungkin kamu ingin memulai investasi baru. Reksadana bisa menjadi salah satu tempat investasi yang mudah karena dikelola oleh manajer investasi. Risikonya rendah hingga sedang. Sebelum berinvestasi, ada baiknya mengetahui seluk beluk reksadana ini.

Reksadana adalah isntrumen  untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.

Produk reksadana terdiri dari reksadana konvensional dan reksadana syariah. Pengelolaan reksa ana syariah disesuaikan dengan prinsip syariah yaitu dengan portofolio penempatan dana di instrumen keuangan syariah seperti saham syariah dan sukuk. 

Baca Juga: Serial Investasi, Begini Cara Cicil Emas di Pegadaian

Keuntungan Berinvestasi Reksadana

 

Mudah, karena sudah dikelola oleh pakarnya, yaitu manajer investasi yang telah berpengalaman di dunia pasar modal. Manajer investasi memiliki kemampuan untuk memaksimalkan hasil investasi melalui analisis yang mendalam atas keadaan ekonomi dan pasar, pemilihan strategi investasi, dan pemilihan aset yang sesuai.

Terjangkau, kamu bisa mulai dengan dana awal Rp. 100.000 untuk merasakan investasi di pasar modal.

Risiko lebih minimal, besarnya dana yang ada instrumen ini maka akses untuk melakukan diversifikasi investasi semakin besar. Diversifikasi investasi ini membuat  risiko yang dihadapi akan semakin kecil.

Likuiditas terjaga, kamu bisa mencairkan kembali investasinya di setiap hari bursa, yaitu hari kerja yang telah ditetapkan sesuai kalender Bursa Efek Indonesia.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: sikapiuangmu.ojk.go.id


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x