Doa Qunut, Bacaan dan Artinya

- 8 Januari 2022, 10:30 WIB
Doa qunut
Doa qunut /Freepik / @jcomp

JAKSELNEWS.COM - Doa qunut biasanya khusus untuk umat muslim yang menjalankan ibadah sholat subuh, membaca qunut saat menjalankan ibadah sholat subuh hukumnya sunnah.

Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar menjelaskan bahwa qunut disyariatkan dalam shalat subuh dan hukumnya adalah sunnah muakkad. Sementara itu, ada beberapa pendapat mengenai pelaksanaan qunut di luar sholat subuh.

Ada 2 pendapat mengenai waktu membaca doa qunut. Pendapat pertama mengatakan bahwa doa qunut dilakukan sesudah ruku’. Sementara pendapat kedua menyatakan bahwa doa qunut dilakukan sebelum ruku’.

Baca Juga: Wapres Minta Penanganan Jangka Pendek Banjir Longsor Jayapura

Pelaksanaan yang umum dilakukan di Indonesia adalah setelah ruku’. Di Indonesia sejak dahulu masyarakatnya selalu membaca doa qunut ketika shalat Shubuh. Hal ini karena masyarakat Indonesia merupakan muslim bermazhab Imam Syafi’i.

Ada tiga doa qunut yakni qunut Subuh, qunut witir, dan qunut nazilah:

1.Doa qunut subuh

Doa qunut subuh dibaca saat memasuki rakaat kedua. Tepatnya setelah membaca bacaan i'tidal sebelum beranjak untuk posisi sujud pertama di rakaat kedua tersebut.

Dari ulama Syafi’i dan Malikiyah memandang qunut sholat subuh hukumnya adalah sunah, meski ada perbedaan dalam melaksanakannya. Menurut ulama Syafi’i, qunut sholat subuh dilakukan setelah ruku’ di rakaat kedua. Sedangkan menurut ulama Malikiyah, qunut sholat subuh dilakukan sebelum ruku’ karena dianggap yang paling utama.

“Allahummahdini fî man hadait, wa ‘âfini fî man ‘âfait, wa tawallanî fî man tawallait, wa bâriklî fî mâ a‘thait, wa qinî syarra mâ qadhait, fa innaka taqdhî wa lâ yuqdhâ ‘alaik, wa innahû lâ yazillu man wâlait, wa lâ ya‘izzu man ‘âdait, tabârakta rabbanâ wa ta‘âlait, fa lakal hamdu a’lâ mâ qadhait, wa astaghfiruka wa atûbu ilaik, wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam."

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Transplantasi Rambut dan Bagaimana Prosedurnya

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x