Simak, Ini 5 Cara Ampuh untuk Mengobati Cantengan

- 20 Januari 2022, 09:05 WIB
Cantengan atau Paronikia
Cantengan atau Paronikia /RahmanDhani | IndoTrend.id

JAKSELNEWS.COM - Cantengan merupakan infeksi kulit yang terjadi di sekitar kuku jari tangan atau kuku kaki. Hal itu bisa menyebabkan kita sulit untuk melakukan aktivitas karena jika kita bergerak terus menerus infeksi akan semakin bertambah.

Biasanya cantengan mempunyai gejala bengkak, kemerahan, dan nyeri pada area sekitar kuku. Penyakit ini biasanya diawali dengan kebiasaan kamu menggigit kuku, memotong kuku yang terlalu dalam, dan masalah kuku lainnya.

Namun, jika infeksi ini tidak segera ditangani, kamu akan merasakan gejala lain seperti demam, menggigil, muncul garis-garis merah di sepanjang kulit, kuku terasa keras, nyeri pada sendi dan otot.

Jika kamu mengalami cantengan namun tidak terlalu parah, kamu bisa obati sendiri di rumah. Tetapi, jika cantengan sudah terlalu parah, segeralah ke dokter dan jangan bertindak sendiri, karena khawatir akan membuat infeksi dari cantengan kamu bertambah parah.

Baca Juga: Festival When We Were Young 2022 Akan Menghadirkan My Chemical Romance hingga Avril Lavigne

Berikut ini, beberapa cara atasi masalah cantengan, diantaranya:

1.Merendam kaki dalam air cuka apel

Kamu bisa memanfaatkan cuka apel untuk mengatasi cantengan jempol kaki. Caranya mudah, cukup campurkan ¼ cangkir (sekitar 60 ml) cuka apel ke dalam baskom yang berisikan air hangat. 

Rendam kaki selama 20 menit, lalu keringkan. Meski belum banyak penelitiannya, cuka apel dianggap mampu mengatasi cantengan jempol kaki karena memiliki sifat antiseptik, antinyeri, dan antiradang.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x