Bacaan Doa Keluar Rumah, Arti dan Keutamaannya

- 24 Januari 2022, 09:37 WIB
Ilustrasi berdoa.
Ilustrasi berdoa. /PIXABAY/atadyagumelar

JAKSELNEWS.COM - Jika seseorang keluar rumah, hendaknya diawali dengan berdoa. Dalam agama Islam mengajarkan bahwa mengucapkan doa keluar rumah juga penting dilakukan supaya kita terjaga dari segala sesuatu yang buruk.

Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk berdoa setiap saat. Mulai dari bangun tidur, beraktivitas seharian, hingga akhirnya tidur kembali. Dalam semua kondisi dan keadaan, terdapat doa-doa yang bisa diamalkan bahkan biasa diajarkan kepada anak.

Maka dari itu, doa keluar rumah merupakan upaya umat Islam untuk selalu mengingat Allah Swt. dimanapun dan kapanpun. Ketika hendak keluar rumah, ada banyak hal yang tidak dapat diprediksi.

Baca Juga: Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup 26 Januari 2022, Ini Rencana Pemindahan Penerbangan

Doa keluar rumah

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

(Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah)

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Al-Munawi mengutip satu penjelasan dari Ath-Thibi tentang doa sebelum keluar rumah ini, yakni:

“Apabila seorang hamba memohon perlindungan kepada Allah melalui nama-Nya yang penuh berkah, maka Allah akan memberinya petunjuk, membimbingnya, dan menolongnya untuk dimudahkan dalam urusan agama. Apabila seorang bertawakal kepada Allah dan menyerahkan urusannya kepada Allah, maka Allah akan mencukupinya. Dan karunia Allah yang mencukupinya, sebagaimana di ayat (yang artinya), ’Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, maka Dia akan mencukupinya.’ Sementara orang yang membaca laa quwwata illaa billaah, Allah akan lindungi dia dari kejahatan setan.”

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x