Bacaan Doa Sebelum Belajar, Latin dan Artinya Serta Adab Menuntut Ilmu

- 28 Januari 2022, 09:09 WIB
Doa sebelum belajar untuk menambah ilmu dan mendapatkan pemahaman
Doa sebelum belajar untuk menambah ilmu dan mendapatkan pemahaman /Bambang Hermawan/Aksara Jabar/

JAKSELNEWS.COM - Ketika kita hendak melakukan sesuatu, ada baiknya diawali dengan berdoa. Dalam ajaran islam, ada yang namanya doa sebelum belajar. Tujuannya agar kita senantiasa diberikan kemudahan dalam proses belajar, mudah mencerna ilmu yang diberikan oleh guru, dan lainnya.

Di Indonesia pun, ada beberapa sekolah yang biasanya guru mengajak murid-muridnya untuk membaca doa tersebut secara bersama-sama. 

Dengan adanya kebiasaan yang positif seperti itu, mereka akan terbiasa dan terus mengaplikasikan bacaan doa sebelum belajar setiap akan memulai pembelajaran.

Sebab, berdoa merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Islam. Hal ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar dari seorang umat kepada Tuhan untuk memohon ampunan dan meminta keberkahan.

Baca Juga: Menunggu Proses Lahiran Anak Pertama, Sule Berikan Wejangan untuk Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

Doa sebelum belajar

Ada beberapa bacaan doa yang bisa dipilih dan diterapkan sebelum umat Islam menuntut ilmu atau belajar. Adapun bacaannya sebagai berikut:

 رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin.

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh."

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x