6 Manfaat Beras Merah yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Diabetes

- 31 Januari 2022, 08:38 WIB
beras merah, salah satu makanan terbaik untuk penderita asam lambung
beras merah, salah satu makanan terbaik untuk penderita asam lambung /Pixabay/Jirreaux/

JAKSELNEWS.COM - Ada berbagai jenis beras yang perlu kita ketahui, yaitu basmati berbulir panjang, beras hitam, beras putih, beras merah, dan beras ketan. Namun, tahukah kamu jika beras merah memiliki manfaat untuk kesehatan?

Melansir dari alodokter, beras merah dinilai lebih unggul dari beras putih karena proses pengolahannya lebih singkat, sehingga kandungan nutrisinya tidak banyak terbuang.

Beras merah diketahui mengandung karbohidrat, lemak, serat, asam folat, magnesium, niasin, fosfor, protein, vitamin A, B, C, dan zinc. 

Selain itu, beras merah mengandung juga antioksidan flavonoid, seperti anthocyanin (antosianin) apigenin, myricetin, dan quercetin. 

Baca Juga: Selamat! Girls On Top Raih Piala pertamanya Lewat Lagu ‘Step Back’

Antosianin merupakan kelompok senyawa fenolik, membuat warna merah dan ungu seperti pada kol, bawang merah, dan lainnya.

Karena memiliki banyak kandungan yang bermanfaat, berikut manfaat beras merah untuk kesehatan, diantaranya:

1.Melancarkan pencernaan

Beras merah mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang tinggi. Kandungan tersebut dapat menjaga bakteri baik di usus serta melancarkan pencernaan. Beras merah bahkan baik dikonsumsi untuk untuk mencegah atau mengatasi sembelit.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah