Rekomendasi 8 Obat Penurun Panas Alami Paling Efektif, Wajib Kamu Ketahui!

- 13 Februari 2022, 09:53 WIB
Obat penurun panas alami
Obat penurun panas alami /Pixabay.com/ Victoria_Borodinova/

JAKSELNEWS.COM - Suhu tubuh yang meningkat atau biasa kita sebut demam seringkali membuat kondisi tidak nyaman. Namun jika suhu tubuh tidak begitu tinggi, kamu bisa gunakan obat penurun panas alami untuk mengatasinya.

Tidak hanya orang dewasa, demam dapat terjadi dan dialami oleh siapa pun mulai dari bayi, anak-anak, hingga lansia. Demam sebenarnya bukan penyakit, melainkan reaksi sistem imun terhadap infeksi virus, bakteri, maupun zat asing yang dianggap membahayakan tubuh.

Melansir dari alodokter, jika demam yang dirasakan ringan (tidak lebih dari 38,5°C), bisa diupayakan langkah penanganan sederhana dengan memperbanyak minum air putih, istirahat, dan mengonsumsi obat demam tradisional.

Namun, jika kenaikan suhu tubuh sudah mencapai 38,5°C atau lebih, maka penanganan secara medis perlu segera dilakukan. Pada anak-anak dan bayi, demam tinggi berisiko menyebabkan kejang demam dan dehidrasi.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Menyusui, Yuk Simak!

Kamu tidak perlu khawatir karena selain dari resep dokter, ada banyak bahan obat penurun panas alami yang bisa menurunkan suhu tubuh.

Berikut ini, obat penurun panas alami yang dapat kamu ketahui, diantaranya:

Air Kelapa

Sejak jaman dulu, air kelapa sudah dipercaya dan dikenal digunakan sebagai penurun panas alami yang cukup efektif. Minum air kelapa dapat membantu badan agar terus terhidrasi dan segar. Selain itu, kelapa juga mengandung vitamin, mineral serta elektrolit yang dapat membantu mengembalikan kadar air yang hilang dari tubuh.

Jahe

Obat tradisional  yang bisa meredakan demam adalah jahe. Obat herba tradisional ini mengandung zat yang dapat membasmi bakteri, virus, dan jamur, serta memiliki efek antiradang yang baik untuk meredakan demam dan nyeri.

Selain bisa digunakan sebagai obat demam tradisional, jahe juga dapat membantu meringankan batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan mual.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini