5 Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Menyusui, Yuk Simak!

- 10 Februari 2022, 07:38 WIB
Ilustrasi buah semangka
Ilustrasi buah semangka /stevepb/Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Semangka adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan, melon dan ketimun.

Biasanya buah semangka diolah menjadi jus atau camilan sehat. Namun ternyata semangat mempunyai manfaat yang tidak sedikit lho.

Secara umum, semangka merupakan sumber karbohidrat, vitamin, mineral, dan senyawa yang bermanfaat untuk tubuh. Buah ini juga terdiri dari sekitar 91 air yang cocok untuk menyegarkan tubuh.

Selain itu, buah semangka juga baik untuk kesehatan ibu hamil. Salah satu buah yang baik dikonsumsi selama menyusui adalah buah semangka, karena buah ini mengandung karbohidrat, protein, serat, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, folat, kolin, serta vitamin A dan C.

Baca Juga: Suami Diduga Selingkuh, Medina Zein Lepas Hijab: Tapi Inilah Aku Sekarang

Melansir dari alodokter dan berbagai sumber lainnya, manfaat buah semangka untuk ibu menyusui, diantaranya:

1.Meredakan kram dan pegal-pegal

Setelah melahirkan, Busui dituntut untuk selalu menyusui bayi kapan pun ia inginkan. Maka dari itu, hampir semua ibu menyusui mengeluhkan sering kram atau pegal-pegal akibat kelelahan.

Selain dengan istirahat yang cukup, untuk mengatasi keluhan ini, Busui pun dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalium, air, dan antioksidan, seperti buah semangka.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber Alodokter


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x