Ini 4 Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami, Yuk Simak!

- 28 Maret 2022, 09:57 WIB
Ilustrasi batuk berdahak
Ilustrasi batuk berdahak /nastya_gepp

JAKSELNEWS.COM - Dahak merupakan mukus atau lendir yang dihasilkan di saluran pernapasan. Jika seseorang mengalami batuk berdahak, pasti akan sangat terganggu karena dapat menyebabkan rasa sakit saat menelan, suara serak, serta rasa pahit di lidah dan kerongkongan.

Ditambah jika saat kamu terserang penyakit batuk pilek, produksi dahak di tenggorokan dapat meningkat. Hal ini kemudian akan membuat dahak menumpuk, bahkan mengental, sehingga sulit dikeluarkan dan membuat tenggorokan terasa tidak nyaman.

Tips kesehatan kali ini membahas cara melegakan kembali tenggorokan tanpa obat kimia. 

Melansir dari Alodokter, agar tenggorokan kembali lega, ada beberapa cara mengeluarkan dahak secara alami yang bisa kamu coba lakukan di rumah, antara lain:

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Perlu Kamu Waspadai

1.Berkumur dengan air garam

Garam telah lama dikenal sebagai antiseptik alami yang efektif untuk membunuh kuman, termasuk yang terdapat di tenggorokan. Tak hanya itu, garam juga bisa mengencerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan.

Untuk mendapatkan manfaat garam yang satu ini, kamu dapat mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian, aduk dan berkumurlah hingga larutan garam tersebut mengenai tenggorokan selama 30–60 detik,

Kamu bisa berkumur dengan air garam sebanyak 2 hari sekali atau hingga tenggorokan terasa lega.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x