Mengenal Apa Itu Afasia, Penyebab serta Gejalanya

- 31 Maret 2022, 11:54 WIB
Ilustrasi penderita afasia.
Ilustrasi penderita afasia. /Truthseeker08/Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Baru-baru ini aktor Bruce Willis mengumumkan kabar jika dirinya pensiun dari dunia akting karena masalah kesehatannya. 

Bruce Willis dikabarkan menderita penyakit afasia, sehingga ia tidak bisa lagi melanjutkan kariernya di dunia perfilman.

Namun tahukah kamu apa itu afasia? berikut penjelasannya.

Melansir dari Alodokter, afasia adalah gangguan berkomunikasi yang disebabkan oleh kerusakan pada otak. Gangguan ini dapat memengaruhi kemampuan berbicara dan menulis, serta kemampuan memahami kata-kata saat membaca atau mendengar.

Baca Juga: Marcus Akan Jalani Operasi, The Minions Dipastikan Absen dari Korea Open dan Kejuaraan Asia 2022

Gangguan ini umumnya terjadi karena kerusakan pada otak. Kerusakan bisa terjadi secara tiba-tiba, seperti stroke atau cedera kepala. 

Namun, kondisi ini juga bisa muncul secara bertahap karena pertumbuhan dan perkembangan penyakit pada otak yang lambat atau progresif.

Penyebab afasia

Diketahui jika afasia bukan merupakan suatu penyakit, melainkan gejala yang menandai adanya kerusakan di bagian otak yang mengatur bahasa dan komunikasi.

Salah satu penyebab kerusakan otak yang paling sering memicu afasia adalah stroke. Saat mengalami stroke, tidak adanya aliran darah ke otak menyebabkan kematian sel otak atau kerusakan di bagian otak yang berfungsi memproses bahasa. Sekitar 25–40% penderita stroke akan menderita afasia.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Halodoc Alodokter


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x