Pastikan Syarat Sah Puasa Telah Dilaksanakan Secara Keseluruhan

- 1 April 2022, 10:56 WIB
 ilustrasi puasa, Doa niat dan berbuka puasa lengkap dalam Bahasa Arab, latin, dan arti dalam bahasa indonesia beserta waktu terbaik membacanya
ilustrasi puasa, Doa niat dan berbuka puasa lengkap dalam Bahasa Arab, latin, dan arti dalam bahasa indonesia beserta waktu terbaik membacanya /FREEPIK/jcomp

JAKSELENWS.COM - Tentunya pada ibadah puasa juga ada beberapa syarat sah puasa yang harus dijalankan oleh umat Islam yang menjalani ibadah puasa. Dengan melaksanakan beberapa syarat tersebut maka bisa dikatakan bahwa puasa yang dilaksanakan sudah sesuai syariat.

Sebab untuk syariat yang harus dijalankan ketika melaksanakan shalat memang sudah menjadi kewajiban dari zaman dahulu sampai dengan sekarang. Bahkan sudah juga dijalankan oleh umat terdahulu yang memang sampai saat ini masih sama seperti itu.

Jangan sampai salah satu syarat dari sahnya puasa terlewat ketika melaksanakan ibadah puasa oleh umat Islam. Maka dengan kurangnya satu poin yang menjadi bagian dari syarat yang telah ditetapkan untuk menjalani puasa akan membuat ibadahnya kurang afdol.

Sebagaimana semua ibadah yang dijalani oleh umat Islam selalu ada hal yang harus dilaksanakan sebagai syarat sahnya ibadah tersebut. Maka dari itu, puasa juga memang memiliki syaratnya jika ingin dikatakan sah ibadah yang dilaksanakan.

Baca Juga: Maudy Ayunda Ditunjuk Sebagai Juru Bicara Presidensi G20 Indonesia

Mungkin ada beberapa hal syaratnya hanya bisa diketahui oleh diri sendiri dan Allah SWT, tetapi sebagai umat yang baik harus bisa menyadarinya sendiri. Jangan hanya dihadapan manusia saja menjadi baik tetapi harus menjadi baik juga di hadapan Allah SWT.

Syarat Sah Puasa Ramadhan Bagi Umat Islam

Ada beberapa hal yang menjadi syarat sah melakukan ibadah puasa bagi umat Islam yang menjalaninya. Tentunya semua umat Islam harus mengetahuinya dan menyadarinya agar semua ibadah yang dilakukan tidak menjadi sia-sia.

Berikut ini beberapa syarat sah puasa ramadhan yang harus dijalankan oleh umat Islam yang menjalankan ibadah puasa.

Islam

Untuk syarat yang pertama harus dilaksanakan tentunya harus agama Islam. Sebab ibadah puasa ini dianjurkan untuk dilaksanakan di agama Islam.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x