Rukun Puasa: Hal yang Wajib Dijalankan Ketika Puasa

- 4 April 2022, 09:18 WIB
Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa /Pexels/RODNAE Production

JAKSELNEWS.COM - Rukun puasa merupakan hal-hal yang wajib dilaksanakan ketika melaksanakan kegiatan ibadah puasa, entah itu sunnah maupun yang wajib. Sebab dengan menjalani rukun yang ada maka puasa yang dijalankan juga akan dianggap dilaksanakan.

Jika ternyata tidak bisa menjalankan rukun yang telah ditetapkan makan semua ibadah yang dijalankan akan menjadi sia-sia. Tentunya dengan adanya rukun pada ibadah puasa ini agar ada batasan yang harus ditahan oleh semua umat Islam yang menjalaninya.

Jangan sampai semua rukun yang ada ketika menjalankan puasa tidak dapat dilaksanakan dengan baik oleh setiap umat Islam. Lakukan dengan terbaik agar semua ibadah yang dilakukan mendapatkan ganjaran yang setimpal juga.

Apabila memang belum mengetahui perihal rukun yang harus dijalankan ketika melaksanakan puasa sunnah ataupun yang wajib. Sekarang bisa cari melalui media internet maupun media cetak yang membahas khusus tentang hal tersebut.

Baca Juga: Ini Tips Vaksin COVID-19 Saat Puasa Supaya Tidak Lemas

Untuk mencari informasi tersebut melalui media internet, salah satunya bisa melalui artikel yang sekarang sedang dibaca. Sebab pada artikel ini akan dibahas mengenai rukun yang memang harus dijalani ketika menjalankan ibadah puasa.

Rukun Puasa Sunnah Dan Wajib

Untuk rukun puasa yang dijalankan untuk sunnah maupun wajib memang tidak memiliki perbedaan yang khusus di dalamnya. Rukun yang harus dijalankan memang sama antara keduanya.

Sehingga sebagai syarat sahnya melakukan ibadah puasa bisa lakukan beberapa rukun berikut ini.

Membaca Niat

Rukun yang pertama adalah membaca niat puasa sesuai dengan jenis ibadah puasa yang dijalankannya. Jika menjalankan yang sunnah maka baca yang sunnah, apabila menjalankan yang wajib maka baca yang wajibnya.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x