Berapa Biaya Cabut Gigi? Cari Infonya Sebelum Memutuskan Pergi ke Rumah Sakit

- 9 September 2020, 16:20 WIB
Ilustrasi Cabut Gigi
Ilustrasi Cabut Gigi /Good Doctor

JAKSELNEWS.COM - Kondisi yang umum berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut salah satunya adalah tumbuhnya gigi bungsu ketika seseorang menginjak usia 18 tahun hingga 30 tahun.

Gigi bungsu atau impacted teeth adalah sebutan untuk gigi geraham ketiga yang tumbuh usai seluruh gigi orang dewasa terbentuk secara sempurna.  

Terkadang, gigi bungsu dapat menimbulkan masalah ketika tidak tumbuh dengan sempurna, misalnya rasa nyeri pada gusi, terjebak di dalam gusi (impaksi), atau tulang rahang yang tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuhnya gigi bungsu.

Jika gigi bungsu yang bermasalah tidak segera dicabut, maka infeksi mungkin saja terjadi. Selain itu, kesehatan gusi menjadi terancam karena posisi tumbuh gigi bungsu yang kurang tepat.

Nah, sebelum memutuskan untuk mencabut gigi, Anda tentu perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai prosedur termasuk menyiapkan budget Anda sebagai biaya cabut gigi.

Operasi gigi bungsu atau Odontectomy merupakan prosedur bedah sederhana untuk mengeluarkan gigi bungsu yang impaksi.

Untuk biaya operasi ini berkisar mulai dari Rp 1,8 jutaan hingga Rp 3 jutaan per satu gigi, tergantung tingkat kesulitannya.

Semakin tinggi tingkat kesulitan yang dibutuhkan, maka biayanya akan semakin besar. 

Biaya cabut gigi dengan prosedur operasi juga tergantung pada kebijakan masing-masing rumah sakit atau kinik.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini