4 Resiko Jika Tubuh Kurang Minum Air Putih

- 14 Oktober 2020, 23:01 WIB
ilustrasi air putih
ilustrasi air putih /Shafira FS/Pixabay

 

JAKSELNEWS.COM - Air merupakan sumber kehidupan bagi banyak makhluk hidup, termasuk untuk manusia sendiri. Sebab, air memiliki manfaat dan peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. menurut beberapa penelitian, tubuh manusia idealnya harus menerima asupan air putih sebanyak 2,6 liter per harinya atau setara dengan 10 gelas air putih. hal ini dilakukan agar asupan air bagi tubuh bisa tercukupi dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Jika tubuh sampai kekurangan asupan air, maka akan menimbulkan efek negatif bagi sistem kesehatan tubuh. Berikut ini 4 resiko jika tubuh kekurangan asupan air putih : 

 

  • Menipisnya sistem imun

Meminum banyak air putih ternyata berfungsi sebagai jalan pembuangan racun yang ada pada tubuh. Dengan rutin meminum air putih, maka tubuh secara otomatis akan lebih mudah untuk membuang racun dalam tubuh dalam bentuk urine. akan tetapi jika sampai tubuh jarang mendapatkan asupan air putih, maka yang terjadi, tubuh akan kesulitan untuk membuang racun dalam tubuh, sehingga membuat sistem imun dan kekebalan tubuh menjadi lebih menipis karena banyaknya racun yang belum terbuang dan menumpuk di dalam tubuh. 

 

  • Dehidrasi 

Sudah jelas, jika tubuh kekurangan asupan air, maka yang terjadi adalah dehidrasi. Mulut dan tenggorokan akan terasa lebih kering serta tubuh akan mengalami penyakit panas dalam. Selain itu, tubuh juga akan lebih mudah merasa lelah dan lemas dalam mengerjakan sesuatu. 

 

  • Kelelahan 

Jika tubuh sudah mengalami dehidrasi, maka efek selanjutnya adalah merasakan kelelahan yang yang luar biasa. Karena efek tersebut merupakan tanda bahwa tubuh kekurangan ion dan cairan, sehingga membuat jantung berdetak lebih kencang untuk bisa memasok oksigen lebih banyak. Jika tidak segera teratasi, maka tubuh akan jatuh pingsan karena kekurangan oksigen dan kelelahan. 

 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x