Kain Endek Bali Ikut Hadir Dalam Koleksi Christian Dior di Paris Fashion Week 2020

- 30 September 2020, 17:36 WIB
Kain Endek Bali Warnai Koleksi Christian Dior di Paris Fashion Week 2020
Kain Endek Bali Warnai Koleksi Christian Dior di Paris Fashion Week 2020 /instagram @norabnora/

JAKSELNEWS.COM - Bali telah dikenal dengan keanekaragaman adat dan budayanya. Salah satunya yaitu Kain Endek.

Kain Endek yang memiliki kesan mewah dipilih oleh Christian Dior untuk koleksi Spring/Summer 2021 yang diperagakan di acara Paris Fashion Week pada hari Selasa, 29 September 2020 di Jardin de Tuileries, Paris.

Menurut Arrmanata Nasir, Dubes RI Paris, pemilihan Kain Endek untuk koleksi Spring/Summer 2021 oleh Christian Dior merupakan salah satu pengakuan terhadap keindahan Kain Endek dalam berkontribusi positif di dunia fashion Internasional.

"Semoga ini menjadi penyemangat bagi masyarakat di Bali ditengah tantangan Covid-19," tutur Arrmanata yang turut menyaksikan Pagelaran Busana Christian Dior, sebagai bagian dari Paris Fashion Week yang berlangsung dari tanggal 28 September - 06 Oktober 2020

Artistic Director Christian Dior Couture, Maria Grazua Chiuri, memakai Kain Endek tidak hanya digunakan untuk koleksi baju saja, namun juga digunakan pada koleksi tas Spring/Summer 2021.

Dari sekitar 86 desain terbaru Christian Dior, terdapat 9 motif kain Endek Bali yang ditampilkan pada Paris Fashion Week 2020.

Dalam diskusi bersama Arrmanatha Nasir, Maria Grazua Chiuri, menyatakan bahwa Chrisian Dior menggunakan Kain Endek Bali karena ingin mengangkat nilai dan kebudayaan serta mengenalkan para penenun perempuan yang telah menghasilkan kain tersebut.

"Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Tim Christian Dior, kain Endek Bali merupakan nilai kebudayaan yang sangat sesuai dengan hasil karya yang ingin diangkat oleh Christian Dior. Sebagai bentuk pengakuan kepada para penenun di Bali, Christian Dior berencana untuk mencantumkan daerah asal kain Endek tersebut pada label baju atau pakaian nantinya," ungkap Maria, dilansir Jakselnews.com pada 30 September 2020 dari artikel Fixindonesia.pikiran-rakyat.com berjudul Kain Endek Bali Warnai Koleksi Christian Dior di Paris Fashion Week 2020.

Christian Dior juga memberi apresiasi kepada Pemerintah Indonesia yang telah memberikan dukungan dalam penggunaan Kain Endek sebagai koleksi terbarunya.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Fix Indonesia PRMN


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x