Berita Duka, Pengisi Suara Doraemon yang Pertama Tomita Kosei Meninggal Dunia

- 5 Oktober 2020, 14:14 WIB
Pengisi suara pertama tokoh kartun terkenal, Doraemon asal Jepang, Tomita Kosei telah meninggal dunia di usia 84 tahun akibat stroke
Pengisi suara pertama tokoh kartun terkenal, Doraemon asal Jepang, Tomita Kosei telah meninggal dunia di usia 84 tahun akibat stroke /World of Buzz

JAKSELNEWS.COM – Kabar duka dari Negara Jepang, pengisi suara untuk karakter kartun Doraemon pertama, Tomita Kosei dikabarkan meninggal dunia di usia 84 tahun setelah mengidap stroke.

Kabar tersebut telah dikonfirmasi oleh pihak agensi Tomita Kosei, Senin 5 Oktober 2020. Namun, pihak agensi tidak memberi keterangan lebih rinci.

"Teman kami Tomita Kosei meninggal dunia (pada usia 84 tahun) pada 27 September pada tahun kedua Reiwa (era setelah kaisar baru Jepang) karena stroke," demikian pernyataan resmi agensi, dilansir Jakselnews.com dari artikel Jurnalgaya.pikiran-rakyat.com berjudul Kabar Duka, Pengisi Suara Doraemon Tomita Kosei Meninggal Dunia.

Tomita Kosei merupakan pengisis suara pertama karakter Doraemon, ia pertama kali mengisi suara Doraemon pada tahun 1973 silam.

Tomita Kosei menjadi pengisi suara Doraemon sebanyak 13 episode yang kemudian digantikan oleh Masako Nozawa. Hal tersebut membuat beberapa orang kesal karena terlanjur menyukai pembawaan Kosei.

Kemudian, Tomita Kosei kembali mengisi suara untuk karakter Doraemon. Namun kali ini untuk film Doraemon yang berjudul Doraemon: Nobita and the Castle of the Undersea Devil yang dirilis 1983 silam.

Lalu ia kembali mengisi suara untuk karakter Doraemon pada film Doraemon: Nobita's Great Adventure in the South Seas yang dirilis tahun 1998. Film ini menjadi kali terakhir kosei menjadi pengisi suara untuk karakter Doraemon.

Selain Doraemon, Tomita Kosei juga menjadi pengisi suara untuk beberapa karakter anime seperti Astro Boy, Detective conan dan film Hollywood bertajuk Kung Fu Panda.***(Firmansyah/Jurnal Gaya)

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat Jurnal Gaya


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini