Lagi, Kekerasan terhadap Warga Asia di Amerika Kembali Terjadi

- 24 Februari 2021, 22:12 WIB
ILUSTRASI// Orang Asia
ILUSTRASI// Orang Asia /freepik.com/jcomp

JAKSELNEWS.COM – Kasus kekerasan terhadap orang Asia di Amerika terjadi lagi di Los Angeles, Amserika Serikat. Kali ini, Denny Kim yang merupakan warga Korea Selatan sekaligus mantan anggota Angkatan Udara Amerika Serikat diserang minggu lalu di Kenmore Avenue, Los Angeles.

Denny Kim menuturkan jika ia masih gemetar saat mengingat kejadian itu. Ia mengalami luka di bagian wajah setelah dua orang pria mengancam akan membunuhnya. Dua orang pria tersebut sempat memanggilnya ‘Chinese virus’ sebelum akhirnya memukulinya.

Meski sudah lama tinggal di Los Angeles dan bahkan menjadi anggota Angkatan Udara, Denny Kim menuturkan jika ia sering menerima diskriminasi dan perilaku tidak menyenangkan dari teman-temannya karena ia merupakan orang Asia. Sejak masa pandemi, kasus kekerasan terhadap warga Asia-Amerika meningkat secara signifikan.

Beberapa studi menunjukkan adanya hubungan antara kebencian retorik dan meningkatnya tindakan atas dasar kebencian serta beberapa ahli yang menyoroti pernyataan Trump terhadap virus Covid-19.

Pernyataan Trump tersebtu dianggap menjadi kontributor langsung terhadap peningkatan kejahatan terhadap warga Asia-Amerika. Sebagian besar masyarakat masih merasa jika warga Asia-Amerika merupakan pembawa virus Covid-19 dan mencoba menyerang mereka.

Menurut Dr. Russell Jeung, seperti dilansir Jakselnews dari kare11 mengungkapkan jika tipe kekerasan ini bersifat historic yang membutuhkan solusi jangka panjang. Yang harus dilakukan tidak hanya dengan meningkatkan patrol di lingkungan, tetapi juga dengan menyelesaikan akar dari masalah rasisme di Amerika.***

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x