India-Pakistan Sepakat berhenti saling Baku Tembak di Wilayah Perbatasan Kashmir

- 25 Februari 2021, 19:30 WIB
Seorang tentara tentara India berjaga-jaga saat berpatroli di dekat Garis Kontrol, Kashmir.
Seorang tentara tentara India berjaga-jaga saat berpatroli di dekat Garis Kontrol, Kashmir. /REUTERS/

JAKSELNEWS.COM - India dan Pakistan akhirnya sepakat untuk menghentikan aksi baku tembak yang terjadi di wilayah perbatasan Khasmir beberapa bulan belakangan ini.

Baku tembak yang terjadi beberapa bulan tersebut telah menewaskan dan melukai masyrakat yang berada di wilayah sekitarnya.

Sejak tahun 2003, India dan Pakistan telah menandatangani perjanjian gencatan senjata di sepanjang Garis Kendali (LoC) di wilayah Khasmir yang namun dilanggar beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Terdeteksi miliki Bibit Siklon Tropis, Ini Dampak dari adanya Bibit Siklon Tropis

Namun, demi mencapai perdamaian yang berkelanjutan Director-General of Military Operations (DGsMO) kedua negara telah sepakat untuk menghentikan aksi baku tembak yang terjadi.

"Demi mencapai mencapai perdamaian berkelanjutan dan bermanfaat bagi kedua belah pihak di perbatasan kedua Director-General of Military Operations (DGsMO) sepakat untuk mengatasi masalah dan keprihatinan satu sama lainnya yang mengganggu perdamaian dan mengarah pada kekerasan," kata pernyataan gabungan militer kedua negara, pada Kamis, 25 Februari 2021.

Menurut sumber di militer Pakistan, aksi pelanggaran gencatan telah dilanggar sejak tahun 2014 yang berdampak sebanyak 300 warga tewas akibat aksi tersebut.

Baca Juga: Vaksinasi Corona untuk Guru dan PTK Dimulai, Ini Tahap-Tahapnya

Kashmir sering menjadi titik timbulnya perselisihan antara India dan Pakistan.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x