Amerika Serikat Tawarkan Kolaborasi dengan Korea Selatan dan Jepang

- 18 Maret 2021, 13:04 WIB
Kunjungan Llyod Austin dan Antony Blinken ke Korea Selatan, Rabu, 17 Maret kemarin
Kunjungan Llyod Austin dan Antony Blinken ke Korea Selatan, Rabu, 17 Maret kemarin /TRT World/trtworld.com

JAKSELNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Llyod Austin mengunjungi Korea Selatan pada Rabu, 17 Maret 2021 kemarin. Pertemuan ini merupakan kunjungan resmi pertama dalam pemerintahan Biden yang bertujuan untuk membahas kemungkinan kerja sama antara Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan. 

Dalam pertemuan tersebut, pemerintahan Biden menawarkan kolaborasi dengan Jepang dan Korea Selatan melawan China. Amerika Serikat dikabarkan akan segera berkonfrontasi dengan Beijing terkait beberapa masalah, seperti posisi militer yang agresif, pelanggaran Hak Asasi Manusia dan tekanan ekonomi pada negara lain.

Selain menawarkan kolaborasi, Amerika Serikat juga membahas strategi kerja sama antara tiga negara, terutama untuk mewujudkan kebebasan, keamanan, dan keterbukaan kawasan Indo-Pasifik. Langkah ini cukup menantang bagi Korea Selatan, terlebih mengingat sejarah hubungan Korea Selatan dengan Jepang maupun China. Korea Selatan dan Jepang memiliki sejarah perselisihan dan konflik tak berkesudahan. 

Sedangkan berdiri berlawanan dengan China juga hal yang tidak mudah bagi Korea Selatan. Setelah hubungan kedua negara tersebut membaik, China menjadi mitra dagang terbesar Korea Selatan. 

Baca Juga: TikTok Memperkenalkan Fitur Obrolan Grup pada Akhir Tahun Ini

Dalam kunjungannya, Austin banyak melontarkan pujian untuk Korea Selatan. Ia menyebut Korea Selatan sebagai mitra penting untuk prioritas bersama dalam kawasan ini. Austin juga memuji integritas Korea Selatan dalam menjunjung tinggi aturan berdasar internasional. Korea Selatan juga dianggap memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan stabilitas kawasan Indo-Pasifik.***

 

 

Editor: Husain F.P

Sumber: The Washington Post


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x