8 Fakta Kamala Harris, Pecinta Sneakers yang Jadi Wapres Kulit Hitam Pertama di AS

- 9 November 2020, 09:31 WIB
Kamala Harris jadi Wapres AS  Disukai Masyarakatnyan
Kamala Harris jadi Wapres AS Disukai Masyarakatnyan /Asep Syahmid/Pikiran Rakyat.com

JAKSELNEWS.COM - Kamala Harris berhasil menorehkan sejarah baru pada pemerintahan di Amerika Serikat. Kemenangan Joe Biden pada Pilpres AS 2020 ini ikut menyorot namanya menjadi perbincangan di seluruh dunia.

Wanita berdarah India-Jamaika ini juga merupakan sosok keturunan Asia-Afrika pertama yang berhasil duduk di kursi Wakil Presiden Amerika Serikat. Ada kejadian menarik yang terjadi setahun silam sebelum Joe Biden masuk ke dalam daftar bursa capres AS dari Partai Demokrat.

Senator California itu sempat melontarkan kritik pedas terhadap rivalnya Joe Biden pada pertunjukkan debat Demokrat dalam bursa pemilihan capres yang diusung partai tersebut. Namun, langkah Kamala terhenti di akhir 2019 lalu, tetapi dia justru dihadiahkan tiket oleh Biden untuk menjadi pasangannya di pemerintahan AS.

Lantas siapa sebetulnya sosok Kamala Harris ini? Mengapa Joe Biden akhirnya tertarik meminang wanita berkulit hitam ini sebagai wakil presidennya? Mengutip laman NBC News Senin (9/11) berikut jejeran fakta menarik Kamala Harris.

1. Kamala Harris Lahir dari orangtua Imigran

Kamala Harris lahir di Oakland, California pada 20 Oktober 1964. Dia lahir dari orangtua imigran yang berada di Amerika Serikat. Ibunya adalah seorang India, dan ayahnya berasal dari Jamaika. Mereka dipertemukan saat berkuliah di Universitas California, Berkeley AS.

Tumbuh dari keluarga tidak utuh, membuat Kamala menjadi wanita tangguh. Setelah perceraian orangtuanya, Kamala diasuh oleh ibunya yang beragama Hindu bernama Shyamala Gopalan. Ibunya merupakan seorang peneliti kanker dan aktivis hak-hak sipil yang ada di AS.

Meski memiliki darah India yang cukup kental, namun Kamala sangat yakin bahwa ibunya sudah terbawa budaya kulit hitam yang ada di Oakland. "Ibuku sangat pintar bagaimana membesarkan dua anak perempuan berkulit hitam. Karena dia sudah terbiasa dengan budaya di Oakland," kata dia.

2. Kamala Harris nyaman tumbuh sebagai wanita kulit hitam di AS

Kamala Harris selalu merasa percaya diri ketika tumbuh menjadi minoritas di AS. Itu tak lepas dari peran serta ibunya yang selalu memberikan dukungan, bahwa kelak, kedua putrinya akan dilihat oleh AS. "Ibuku selalu memberikan motivasi kepada saya dan Maya, bahwa suatu ketika AS akan melihat kami sebagai wanita yang mandiri dan percaya diri meski berasal dari kulit hitam," papar Kamala.

Kamala Harris selalu merasa nyaman dengan dirinya dan selalu menganggap dia adalah orang Amerika. Kebanggaannya semakin besar ketika dirinya kini berhasil maju sebagai wakil presiden pertama di AS yang berasal dari komunitas kulit hitam usai kemenangan Joe Biden pada Pilpres AS 2020.

Halaman:

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x