Wow! Tiongkok Luncurkan Satelit 6G, Ini Keunggulannya Dibanding 5G

- 9 November 2020, 20:35 WIB
Ilustrasi- Satelit. /Pixabay/PIRO4D
Ilustrasi- Satelit. /Pixabay/PIRO4D /

JAKSELNEWS.COM - Negara Tiongkok dilaporkan berhasil melakukan terobosan terbaru di bidang komunikasi dengan meluncurkan satelit 6G.

Satelit 6G ini merupakan yang pertama kali di dunia. Bahkan, kecepatan dari 6G ini diklaim 100 kali lebih cepat dibandingkan satelit 5G.

Peluncuran satelit uji komunikasi 6G tersebut diluncurkan oleh Tiongkok pada Sabtu, 7 November 2020 lalu bersama dengan 13 satelit lainnya ke orbit bumi sebagaimana dilaporkan Yicai Global.

DIkutip Pikiran-Rakyat.Com dari Asia Times dalam artikel Tiongkok Berhasil Luncurkan Satelit 6G, Diklaim 100 Kali Lebih Cepat dari 5G satelit itu diterbangkan dengan roket pembawa  Long March-6 yang diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Taiyuan, Tiongkok.

Dalam penerbangan tersebut, satelit 6G merupakan salah satu dari tiga satelit Tiongkok yang berhasil diluncurkan. Sementara 10 satelit lainnya merupakan satelit komersial yang dikembangkan oleh perusahaan Argentina Satellogic.

Satelit uji komunikasi itu dibentuk lewat kerjasama Chengdu Guoxing Aerospace Technology, UESTC, dan Beijing MinoSpace Technology.

Lalu apa bedanya teknologi 6G dengan 5G?

Perbedaannya terletak pada pita frekuensi yang digunakan pada 6G adalah terahertz, sedangkan pada 5G menggunakan milimeter wave.

"Satelit itu adalah tes teknis pertama aplikasi komunikasi terahertz di luar angkasa," kata Xu Yangsheng, seorang akademisi di Akademi Teknik Tiongkok.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x