Trump Umumkan Pemecatan Menhan AS, Ketua DPR AS: Menabur Kekacauan di Hari-Hari Terakhir

- 10 November 2020, 14:05 WIB
Mark Esper dipecat sebagai Menhan AS oleh Donald Trump.
Mark Esper dipecat sebagai Menhan AS oleh Donald Trump. /Twitter/@realDonaldTrump/

JAKSELNEWS.COM - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Mark Esper resmi dipecat oleh Presiden Donald Trump. Pemecatan ini menandai akan adanya gejolak di dalam negeri maupun luar negeri selama masa transisi menuju pemerintahan Joe Biden pada Januari 2021.

Dalam akun Twitternya, Donald Trump mengumumkan pemecatan tersebut sekaligus memberitahukan pengganti Esper sebagai Menhan yang baru, yaitu Christopher C. Miller.

"Senang untuk mengumumkan bahwa Christopher C. Miller, Direktur Pusat Kontra Terorisme Nasional yang sangat dihormati (dengan suara bulat dikonfirmasi oleh Senat), akan bertindak sebagai menteri pertahanan, dan akan segera berlaku," tulis Trump, dikutip PORTAL JEMBER dari The Guardian dalam artikel Trump Pecat Menhan Melalui Twitter, Ketua DPR Amerika: Menabur Kekacauan di Hari-hari Terakhirnya.

“Chris akan melakukan pekerjaan HEBAT! Mark Esper telah diberhentikan. Saya ingin berterima kasih atas jasanya," ujar Trump dalam cuitannya.

Selama menjabat, Esper memang sempat berselisih paham dengan Trump beberapa kali. Salah satunya adalah penolakan Esper untuk menurunkan pasukan aktif dalam menghalau demonstrasi Black Lives Matter (BLM).

Esper menganggap tidak ada dasar konstitusi apapun untuk mengambil tindakan tersebut.

Selain itu, Esper juga pernah hendak mengganti nama pangkalan militer yang diberi nama salah satu jenderal kubu Konfederasi dalam Perang Sipil AS.

Pemecatan tersebut pun ditanggapi oleh Esper melalui balasan surat yang menyatakan ia menerima keputusan tersebut.

"Saya melayani negara dengan menghormati Konstitusi, jadi saya menerima keputusan Anda untuk menggantikan saya," tulis Esper.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Portal Jember


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x