Memasuki Musim Hujan, Sudin Bina Marga Jaksel Pastikan Tujuh Pompa Berfungsi untuk Mengantisipasi

- 19 Oktober 2020, 21:43 WIB
Petugas Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan mengecek pompa disetiap underpass di Jakarta Selatan
Petugas Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan mengecek pompa disetiap underpass di Jakarta Selatan /Instagram @kominfotikjs

JAKSELNEWS.COM - Dalam menghadapi musim hujan, Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan sudah memastikan rumah pompa di setiap wilayah Jakarta Selatan berfungsi dengan baik sehingga dapat digunakan untuk mengantisipasi musim hujan sekaligus mencegah banjir.

Kasudin Bina Marga Jakarta Selatan, Heru Suwondo, mengonfirmasi pada Senin 19 Oktober 2020 bahwa pompa-pompa tersebut sudah diperiksa dan dipastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Sebanyak tujuh pompa tersebut berada di sejumlah underpass diantaranya, underpass Jalan Kuningan, Kebayoran Lama, Bungur, Kartini (Pointsquare), Jalan Manggarai, Jalan Trunojoyo, dan Jalan Mampang.

“Secara teknis, air yang disedot melalui pompa akan ditampung terlebih dahulu di kolam penampungan sementara. Kemudian air akan dialirkan ke kali terdekat,” ujar Heru, dilansir oleh Jakselnews.com dikutip dari Antara News.

Menurut Heru, kolam penampung air yang ada di setiap pompa tersebut dibersihkan secara rutin beberapa bulan sekali selama musim panas, sedangkan selama musim hujan pihaknya akan melakukan pengecekan secara rutin.

Beberapa sampah kerap kali ditemukan di dalam bak penampungan, oleh karena itu pembersihan dan pengecekan harus dilakukan agar kebersihan pompa selalu terjaga dan tetap dapat berfungsi dengan normal untuk mencegah banjir, karena sampah-sampah tersebut dapat mengganggu fungsi kerja pompa.

Pihak Sudin Bina Marga Jakarta Selatan telah menyiapkan genset agar pompa-pompa tersebut tetap dapat dioperasikan dalam keadaan darurat karena seluruh pompa tersebut dioperasikan dengan tenaga listrik yang bersumber dari PLN.***

Editor: Husain F.P

Sumber: selatan.jakarta.go.id


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x